Program Rantang Kasih Diluncurkan, Andi Faizal Pertanyakan Kelayakan Penerima

BONTANG – Ketua DPRD Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam menyoroti Program Rantang Kasih yang baru saja diluncurkan.

Program yang menjadi janji politik Basri Rase-Najirah pada kampanye dulu, kata dia, harus sesuai kriteria yang ditentukan.

Andi Faizal mempertanyakan hal itu usai melihat foto penerima program. Yakni tujuh warga di Kelurahan Tanjung Laut dan beberapa warga di Kelurahan Api-Api.

“Artinya ini menjadi evaluasi pemerintah agar lebih teliti lagi. Kalau dilihat dari foto yang saya dapat hari ini apakah tidak salah sasaran. Itu saja yang ingin saya tanyakan. Salah satu penerima manfaat program ini yang masih terlihat mampu apabila dilihat dari sisi rumah,” jelasnya, Selasa (1/3/2022).

BACA JUGA:  KPK Monitoring Pencegahan Korupsi di Pemkot Bontang, RS Taman Sehat Jadi Sorotan

Ia pun menyarankan Pemkot Bontang agar benar-benar memilah penerima bantuan Rantang Kasih sehingga tepat sasaran.

“Mohon supaya lebih tepat sasaran penerimanya sehingga manfaatnya terasa buat masyarakat yang benar-benar memerlukan,” ucapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dissos-PM) Bontang Bahtiar Mabe mengungkapkan, indikator penerima manfaat program Rantang Kasih bagi lansia miskin yang terlantar tidak bisa dilihat hanya dari segi bangunan rumahnya saja.

Kata dia, kategori miskin ialah orang yang tidak mampu memenuhi kebutuhan sandang dan pangannya. Sementara orang terlantar tidak memiliki keluarga di Bontang.

“Itu indikatornya. Bisa jadi rumahnya bagus ia dapatkan selagi mampu bekerja. Tapi, saat ini untuk kebutuhan sandang pangan, dan pengobatannya tidak mencukupi kebutuhan sehari-sehari,” bebernya.

BACA JUGA:  Kontraktor Janji Bayarkan Gaji dan THR Petugas Kebersihan di Kantor Wali Bontang Hari Ini

Kata dia, data yang ada sudah melalui kelurahan yang ada di Bontang. Total ada 1.085 orang. Dan dilakukan penjaringan sehingga didapat sebanyak 88 orang sebagai penerima Rantang Kasih.

“Karena yang terima Rantang Kasih ini yang tidak terima bantuan sosial. Baik dari Pemkot Bontang dan pemerintah pusat. Makanya cuma 88 orang saja yang terima bantuan ini,” tandasnya. (red/sel)

%d blogger menyukai ini: