BACA JUGA:  Arus Lalu Lintas ke IKN Terputus Imbas Jalan Longsor

Pj Gubernur Pastikan Pembangunan Bumi Perkemahan Bertaraf Internasional di IKN Dilanjutkan

Samarinda – Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik berkomiten untuk melanjutkan proses perencanaan pembangunan Bumi Perkemahan (Buper) bertaraf internasional yang kini telah memasuki tahap Detail Engineering Design (DED).

“Oh iya dong, harus dilanjutkan!” ungkapnya usai memimpin Upacara Pembukaan Raimuna Daerah 2023 di Buper Pramuka Bebaya Kelurahan Simpang Pasir Kecamatan Palaran, Senin (20/11/2023) lalu dikutip dari Antara.

Selain itu, Akmal mengatakan bahwa Gerakan Pramuka adalah wadah untuk membina anak-anak muda daerah. Menurutnya, pemerintah harus mendukung berbagai kegiatan kepramukaan termasuk fasilitas penunjangnya.

BACA JUGA:  Kaltim Ajak Anhui China Kerja Sama Kembangkan Wilayah Penyangga IKN

“Saya berterima kasih kepada Kwarda Kaltim yang sudah memulai langkah itu. Saya bilang, Kwarda Kaltim ini sudah tahu apa yang dilakukan dan sudah menyiapkan langkah-langkahnya. Informasinya, lokasi Buper ada di dekat Bukit Soeharto kurang lebih 459 hektare dan sudah DED. Pasti kita lanjutkan prosesnya,” katanya.

Akmal menyebut, dengan posisi Kaltim sebagai pusat pemerintahan masa depan, pemerintah daerah harus menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mendukung kesuksesan pembangunan IKN, salah satunya dari sisi kepemudaan.

BACA JUGA:  Kementerian PUPR Siapkan Ketersediaan Air di IKN Nusantara hingga Tahun 2100

“Pramuka ini punya peran juga di situ. Aktivitas pramuka menjadi salah satu pendukung untuk IKN,” sebutnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) akan membangun bumi perkemahan (buper) bertaraf Internasional. Lokasi pembangunan buper ini berada dekat dengan lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

BACA JUGA:  Kejati Kaltim Kawal Proses Pembebasan Lahan untuk Proyek IKN

Luas pembangunan buper mencapai 500 hektare dan Lebih luas dari Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur di DKI Jakarta yang menjadi pusat kegiatan kepramukaan dengan luas sekitar 230 hektare.

Pembangunan buper Kaltim ditarget rampung dalam dua sampai tiga tahun ke depan. Saat ini, proses pembangunan buper tengah ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kaltim.

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107