Petani Wajib Miliki “Kusuka” Agar Dapat Bantuan Pemerintah

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang Aji Erlynawati.


SELISIK.ID, Bontang – Dalam upaya menyejahterakan petani, pemerintah memberikan berbagai program untuk petani.

Salah satunya adalah diterbitkanya Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka), program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Bidang Kelautan dan Perikanan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang Aji Erlynawati menjelaskan, kartu Kusuka merupakan sebagai identitas profesi pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan. Dengan berbasis data untuk memudahkan perlindungan, pemberdayaan, pelayanan, dan pembinaan kepada pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan. Serta sarana untuk pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program Kementerian.

“Jadi itu fungsinya sebagai pencatat namanya peserta, pencatat kegiatan perikanan entah itu sebagai nelayan atau sebagai pembudidaya atau bahkan sebagai pengolah,”jelas wanita karib disapa Iin kepada awak media, Sabtu (23/11/2019).

Ditambahkan Iin, semua yang telah terdaftar di kartu tersebut, bisa memperoleh bantuan dari pemerintah khususnya dari pusat.

”Jadi semua yang terdaftar di Kusuka, itu bisa memperoleh bantuan dari pemerintah pusat, kalau enggak punya kartu tersebut tidak akan bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah,” pungkasnya. (adv/ver)