Petani Wajib Miliki Kartu Tani, Syarat Dapat Pupuk Bersubsidi

SELISIK.ID, Bontang – Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang menggelar penyuluhan kartu tani, di ruang rapat Kantor DKP3, Bontang Lestari, Rabu (26/6/2019). Penyuluhan tersebut diikuti sebanyak 37 kelompok tani yang ada di tiga kecamatan se-Kota Bontang.

Adapun pemateri kegiatan ini adalah Kasi Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalimantan Timur Erry Erriadi.

Kepala DKP3 Bontang, Aji Erlynawati menegaskan para petani wajib memiliki kartu tani karena kartu tersebut merupakan syarat untuk mendapatkan pupuk bersubsidi hingga bantuan pemerintah lainnya.

Dengan kartu tersebut, pemerintah bisa pula mengetahui data petani yang membutuhkan pupuk.

“Bila mereka semua sudah memiliki kartu tani, tentu distribusi pupuk subsidi akan lebih tepat sasaran dan efisien,” tuturnya.

Dia pun berharap para kelompok tani yang sudah menjadi mitra binaan DKP3 dapat memahami apa yang disampaikan pemateri. Pasalnya, kartu tersebut nantinya memiliki banyak manfaat bila dimiliki para petani di Bontang.

“Jadi kami berharap seluruh petani di Bontang wajib memiliki kartu tani. Dengan harapan pertanian di Bontang ke depan bisa semakin berkembang,” pungkasnya. (ver)