Pemprov Kaltim Gelar Pasar Murah Serentak di Seluruh Kabupaten dan Kota

Kukar – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar operasi pasar murah serentak di sepuluh kabupaten dan kota dalam rangka memperingati Hari Pangan Dunia Tahun 2022.

Kegiatan tersebut digelar pada Senin (7/10/2022) di masing-masing kabupaten/kota dan dipusatkan di Stadion Rondong Demang, Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara yang juga dihadiri oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mengatakan, kegiatan operasi pasar murah dapat menjadi motivasi bagi pemerintah daerah dan masyarakat dalam upaya menyongsong ketahanan pangan.

“Kegiatan operasi pasar seperti ini yang harus dicermati, tidak hanya memastikan ketersediaan bahan pokok. Tetapi, juga daya beli masyarakat dengan kestabilan harga yang diintervensi oleh pemerintah daerah,” kata Edi Damansyah saat memberikan sambutan dalam Pembukaan Operasi Pasar Murah di Stadion Rondong Demang Tenggarong, dikutip dari Antara.

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor menyampaikan Indonesia seperti juga dengan negara lain di dunia, kini tengah menghadapi ancaman krisis pangan dan energi yang menyebabkan kondisi ekonomi dunia tidak stabil dan angka inflasi tinggi.

BACA JUGA:  Nilai Ekspor Batu Bara Kaltim Disebut Melebihi Biaya Pembangunan IKN Nusantara

Sehingga, pemerintah pusat menginstruksikan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk melakukan upaya pengendalian inflasi daerah.

“Ini signal bagi Kaltim untuk bisa waspada dalam pengelolaan kondisi perekonomian makro. Dengan menjaga angka inflasi agar tetap terkontrol,” ungkap Isran.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu Benua Etam ini juga mengimbau agar seluruh jajaran pemerintah daerah bekerja sama dalam pengendalian inflasi. Salah satunya, dengan menggelar operasi pasar sesuai kebutuhan kabupaten/kota.

Isran juga menginformasikan, bahwa pemerintah daerah dapat menggunakan dua persen dana transfer pusat untuk program-program pengendalian inflasi.

Operasi pasar murah di Tenggarong juga dirangkai dengan penyerahan alokasi BLT UMKM Kukar kepada 11.810 UMKM.

Dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada petani, penyerahan alokasi BLT kepada 50 peternak dan paket sembako gratis bagi masyarakat pra sejahtera sebanyak 50 paket.

%d blogger menyukai ini: