BACA JUGA:  PUPR Minta Tambahan Anggaran Rp10,3 T untuk Infrastruktur IKN

Pemerintah Buka 40.021 Formasi CPNS di IKN, 5 Persen untuk Orang Kalimantan

Selisik.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpanrb) Azwar Anas mengungkapkan saat ini sudah ada sejumlah formasi untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk di Ibu Kota Nusantara.

Melansir CNBC Indonesia, hal itu disampaikan Azwar usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (1/7/2024) terkait pemindahan ASN ke IKN.

BACA JUGA:  Media Asing Soroti Masalah di Proyek IKN Nusantara

“Kami sampaikan ke teman-teman bahwa saat ini sudah ada formasi 130.341 di instansi pemerintah pusat, di dalamnya nanti akan ada 600 formasi untuk Otorita IKN, kemudian 40.021 ini formasi Kementerian Lembaga yang akan ada di IKN,” kata Azwar Anas usai rapat.

Lebih detail, pada 40.021 formasi CPNS untuk Kementerian/Lembaga di IKN disediakan 5% khusus formasi afirmasi khusus putra/putri Kalimantan.

BACA JUGA:  Listrik dan Gas di IKN Ditarget Beroperasi Agustus 2024

“Tahap awal akan ada afirmasi 5% untuk putra/putri Kalimantan terbaik jadi bagian dari 40 ribu formasi ASN yang dibuka Juli – Agustus, artinya ada 2.000 putra/putri kalimantan terbaik di CPNS IKN,” katanya.

Selain itu menurut Azwar Anas, skema mutasi pegawai dari Pemda di sekitar IKN juga sudah diputuskan dilakukan secara seleksi terbuka. Sehingga tidak semua PNS Pemda sekitar bisa mutasi ke IKN atau Pemdasus.

BACA JUGA:  Jalan di IKN Bakal Dipasangi CCTV

“Ini supaya mereka yang pindah atau mutasi dari Pemda sekitar Kalimantan juga terdiri dari ASN yang berkualifikasi tinggi, talenta digital, multitasking, yang bisa memberi layanan secara digital dan sebagaimana standar SPBE,” terangnya.

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107