BACA JUGA:  KPU Bontang Ungkap Penyebab Gagalnya Basri-Dhihin Melaju Lewat Jalur Perseorangan

Partisipasi Pemilih Pilkada Serentak 2024 di Kaltim Ditarget 79 Persen

Samarinda – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim menargetkan partisipasi pemilih di Pilkada 2024 yang akan berlangsung November mendatang mencapai 79 persen, atau meningkat dibandingkan Pemilu 2019 yang hanya 66 persen dan berada di bawah standar nasional.

Melansir Niaga.Asia, Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Abdul Qoyim Rasyid mengungkapkan, terdapat beberapa upaya yang telah dirancang oleh KPU Kaltim untuk meningkatkan partisipasi pemilih tetap pada Pilkada serentak 2024 mendatang.

BACA JUGA:  MK Larang Jadwal Pilkada Serentak 2024 Diubah, Tetap Digelar November

“Mungkin salah satunya melalui sosialisasi. Di mana kegiatan sosialisasi ini tanggung jawab semua, bukan hanya KPU dan Bawaslu aja. Tapi semua partai politik, akademisi dan teman media,” kata Rasyid di kantornya Jalan Basuki Rahmad, Rabu 17 April 2024.

Selain itu, lanjut Rasyid, juga dilakukan penguatan badan Ad Hoc Pemilu, mulai dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), sebagai bentuk evaluasi yang dilakukan pasca Pemilu sebelumnya.

BACA JUGA:  Rudy Mas'ud Didaulat Maju Pilgub Kaltim 2024

“KPU Kaltim tengah merancang evaluasi Pemilu sebelumnya untuk mempersiapkan Pilkada (Pemilu Kepala Daerah) 2024. Selain itu, kami juga akan membahas rancangan badan Ad Hoc untuk Pilgub dan Pilwali atau Pilbup,” ujar Rasyid.

Rasyid berharap dengan menerapkan upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih, terjadi lonjakan jumlah pemilih di Pilkada tahun ini.

“Ini menjadi perhatian kami dalam menyukseskan gelaran Pilkada serentak di Kaltim. Mengingat tren partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 yang mencapai angka sekitar 79 persen,” pungkas Rasyid.

BACA JUGA:  Demokrat Kaltim Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah
You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107