Marangkayu Bakal Suplai Bahan Baku Air Bersih Bontang

Pemkot Diminta Siapkan Lahan, Anggaran, dan Perjanjian Kerja Sama

SELISIK.ID, Bontang– Air baku untuk produksi air bersih yang akan dikelola PDAM Tirta Taman di Kota Taman bakal segera terwujud.

Hal ini pun mendapat respons positif dari komisi gabungan yang terdiri dari I, II, dan III DPRD Bontang.

Ketua Komisi ll DPRD Bontang Ubayya Bengawan menjelaskan bahwa Marangkayu sudah siap untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Bontang. Pasalnya, pembangunan bendungan yang berjalan di sana sudah mencapai 98 persen.

Dikatakan Ubayya, melihat hal tersebut,  ia pun meminta pemkot untuk menyiapkan lahan pembangunan Water Treatment Plant (WTP) agar ketika air tersebut telah sampai di perbatasan, WTP tersebutlah yang akan menyalurkan kepada masyarakat Bontang.

“Sesuai rencana kerja, 2020 bendungan di Marangkayu sudah dapat dioperasikan,” tuturnya usai ditemui dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Pemkot Bontang, di ruang rapat Kantor DPRD, Senin (11/3/2019).

Politisi Demokrat ini menambahkan, dalam hal tersebut, untuk percepatan itu komisi gabungan meminta pemkot menyiapkan tiga hal. Yakni, lahan, anggaran, dan perjanjian kerja sama dengan pihak-pihak terkait agar dapat beroperasi pada 2020.

“Setelah itu, perlu juga diketahui apa saja tanggung jawab yang diberikan ke Kota Bontang ketika air tersebut telah mengalir. Semua itu harus masuk ke dalam perjanjian kerja sama,” tutupnya. (*)

Reporter: Veri