Kecamatan Bontang Utara Gelar Rakor Bidang Kesehatan

Usai rakor, Camat Bontang Utara Sudi Priyanto (duduk, keempat dari kanan) menggelar foto bersama dengan seluruh peserta rakor dari lintas sektor.

SELISIK.ID, Bontang – Kecamatan Bontang Utara menggelar rapat koordinasi (Rakor) bidang kesehatan, di BPU Kecamatan Bontang Utara, Kamis (1/8/2019).

Rakor tersebut mengundang lintas sektoral, yakni Puskesmas Bontang Utara 1, Danramil 0908-01, kapolsek, para lurah, kepala KUA, TP PKK kecamatan dan kelurahan, Dinas Kesehatan (Diskes), kepala sekolah, perwakilan ketua RT, kader Posyandu dan pengelola Usaha Kesehatan Masyarakat.

Dalam sambutannya, Camat Bontang Utara Sudi Priyanto menyampaikan agar rakor kali ini dapat merumuskan rencana aksi yang dilakukan masing-masing pihak dalam mendukung program bidang kesehatan.

Khususnya menyikapi 3 isu aktual yang menjadi tema pertemuan rakor, upaya peningkatan kunjungan balita ke Posyandu, penanggulangan DBD, dan pencegahan stunting.

“Kita harus berbagi peran namun tetap menyatu dalam arah pencapaian tujuan yang diinginkan bersama,” tutur Sudi.

Dia pun berharap semua data yang ditampilkan harus detail, agar semua nantinya mudah dalam menganalisis permasalahan secara lebih mendalam, serta merumuskan langkah-langkah yang tepat dalam tenggang waktu yang tidak terlalu lama.

Sementara, Kepala Puskesmas Bontang Utara 1 drg Erwin Wahyudion memperesentasikan berbagai target dan capaian di bidang kesehatan meliputi nifas dan neonitas yang memeriksakan diri, kunjungan bayi, pelayanan kesehatan anak balita, pelayanan kesehatan anak sekolah, pelayanan kesehatan ibu hamil dan ibu bersalin, kesehatan balita, kesehatan usia pendidikan dasar, pelayanan kesehatan usia produktif, skrining lansia, pelayanan kesehatan hipertensi, diabetes melitus, ODGJ berat, tingkat kunjungan posyandu, angka bebas jentik, jumlah kasus DBD, data rawan stunting balita usia 0-2 tahun yang ditimbang di Posyandu, dan data kesehatan lainnya.

Diakhir acara ditandai dengan penandatanganan komitmen lintas sektoral dalam mendukung seluruh hasil keputusan rapat untuk ditindaklanjuti bersama sesuai dengan bidang dan tugasnya masing-masing. (adv/ver)