Insiden di Tambang Freeport, 4 Pekerja Jadi Korban

SELISIK.ID– Sebanyak 4 orang pekerja di tambang PT Freeport Indonesia menjadi korban insiden jatuhnya material dari jalur pengangkutan batuan bijih di area Orea Bin 6, Mile Post 74, Tembagapura.

Kecelakaan terjadi di jalur pengangkutan batuan bijih tambang Grasberg pada Rabu (3/4/2019) sore waktu setempat.

Saat kejadian, perusahaan tengah memperbaiki mesin pengangkut bijih di area Ore Bin 6. Empat orang pekerja menjadi korban atas kejadiaan nahas tersebut.

“Regu penyelamat terus mencari dua karyawan yang hilang setelah dua karyawan lain diselamatkan pada Rabu sore ketika material dari Pit Grasberg keluar dengan cepat melalui area Ore Bin 6,” ujar Juru bicara Freeport Indonesia Riza Pratama melalui pesan singkat, Kamis (4/4).

Diketahui, dua korban yang telah dievakuasi mengalami cedera ringan dan masih dalam observasi pihak medis di rumah sakit setempat.

“Para petugas geo engineering dan inspektur tambang tengah dan akan melakukan investigasi di lokasi kejadian,” kata Riza.

Ia tak menyebut kerugian perusahaan atas kejadian tersebut. Riza memastikan operasional perusahaan saat ini sudah berjalan normal.

Terpisah, Direktur Jenderal Mineral dan Batu bara Bambang Gatot Ariyono mengungkapkan, material yang jatuh berupa aliran lumpur di tambang dalam.

Kejadian itu biasa terjadi di dalam tambang namun tidak mengganggu operasional secara keseluruhan.

“(Aliran lumpur) itu suatu kejadian biasa artinya sering terjadi,” ujar Bambang. (*)