BACA JUGA:  Tips Terhindar Jadi Korban Kejahatan Saat Liburan ke Luar Negeri

Ini Alasan Mengapa Pilot dan Co-pilot Dilarang Konsumsi Makanan yang Sama

Selisik.id – Tahukah kamu bahwa ada aturan dalam penerbangan yang tidak mengizinkan pilot dan co-pilot mengonsumsi makanan yang sama? Aturan ini ada kaitannya dengan keselamatan lho!

Pilot dan co-pilot dilarang menyantap makanan yang sama atau berbagi makanan demi menghindari potensi keduanya mengalami keracunan makanan ketika dalam penerbangan.

Selain itu, pilot juga tidak diperbolehkan menyantap makanan yang sama dengan penumpang, untuk berjaga-jaga apabila makanan yang disiapkan untuk penumpang (entah bagaimana) terkontaminasi.

BACA JUGA:  Tips Terhindar Jadi Korban Kejahatan Saat Liburan ke Luar Negeri

Seperti dilansir Indy 100, pramugari bernama Dani lewat videonya di akun TikTok @daniboyy1, membeberkan bahwa banyak maskapai memang melarang para pilot menyantap makanan yang sama dengan orang lain selama penerbangan.

Alasan keselamatan menjadi tujuan diberlakukannya aturan soal makanan pilot dan co-pilot ini. Tujuannya supaya jika salah satu pilot jatuh sakit usai menyantap makanan, maka pilot lain dapat mengambil alih pekerjaannya.

BACA JUGA:  Sopir Angkot Kembalikan Tas Turis Berisi Uang Rp65 Juta

Sebab, apabila pilot da co-pilot mengonsumsi makanan yang sama, maka besar kemungkinan keduanya akan mengalami masalah serupa. Ini bisa membahayakan penerbangan, karena tidak ada yang dapat mengambil alih kendali pesawat.

“Sebenarnya perbedaan makanan ini dilakukan, untuk jaga-jaga saja. Jika satu makanan terkontaminasi, maka kapten pilot atau co-pilot masih bisa ambil alih tugas penerbangan. Jadi jika yang satu sakit setelah memakan satu jenis makanan, yang lainnya masih sehat,” papar Dani dalam videonya di TikTok.

BACA JUGA:  Ganti Warna, Desain Baru Paspor RI Mulai Berlaku 17 Agustus 2025

Sebelumnya, tidak sedikit orang yang penasaran kenapa makanan untuk pilot berbeda dengan yang lain. Tak sedikit yang berpikir alasannya karena gengsi, sehingga pilot diperlakukan spesial, meski anggapan itu ternyata tidak benar.

(CNNIndonesia.com)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107