Bukit Soeharto Disiapkan Jadi Lokasi Perkemahan Internasional di Kaltim

Samarinda – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tengah menyiapkan lahan untuk lokasi perkemahan internasional.

Lokasi perkemahan tersebut direncanakan berada di kawasan Bukit Soeharto, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Kami telah menyiapkan lahan dan lokasinya berada di area Bukit Soeharto,” ungkap Gubernur Kaltim Isran Noor di Samarinda, dikutip dari ANTARA.

Menurut Isran, lahan yang saat ini disediakan sedang diproses oleh Kementerian Kehutanan sesuai dengan usulan Pemerintah Provinsi.

Disinggung terkait status lahan yang akan digunakan, mengingat areal bukit Soeharto merupakan kawasan Taman Hutan Rakyat, menurut Isran, bisa ada perubahan ataupun status pinjam pakai.

“Memang lokasinya di kawasan hutan, namun tidak menjadi masalah karena kami tidak merusak hutan untuk kegiatan perkemahan,” terangnya.

Sambung Isran, Luas lahan sementara yang tengah disiapkan untuk lolasi perkemahan tersebut 500 hektare, namun demikian luas lahan tersebut terus diupayakan bertambah hingga 1.200 hektare.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim Muhammad Faisal menyambut baik wacana dari Gubernur Kaltim menyiapkan lahan perkemahan internasional.

Untuk proposal sedang disiapkan dan sudah di tahapan Detail Engineering Design (DED). Nantinya, jika sudah selesai berkasnya akan dibawa ke pusat.

“Mudah-mudahan bisa menjadi tempat jambore internasional pertama kali di Kaltim dan ini merupakan cita-cita luar biasa kita,” jelas Faisal.

%d blogger menyukai ini: