BACA JUGA:  30 Titik Panas Terdeteksi di Kaltim

23 Provinsi Diminta Waspadai Hujan Petir, Termasuk Kaltim

Selisik.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai turunnya hujan disertai kilat atau petir yang diprakirakan akan mengguyur 23 provinsi di Indonesia pada Minggu.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi BMKG di Jakarta, Minggu pagi, 23 provinsi yang berpotensi diterjang hujan yang disertai kilat atau petir atau hujan badai itu adalah Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Jawa Barat.

BACA JUGA:  9 Wilayah di Kaltim Berpotensi Hujan Petir Disertai Angin Kencang Akhir Pekan Ini

Berikutnya adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Selain hujan yang disertai kilat atau petir, BMKG pun memprakirakan terdapat 22 provinsi yang berpotensi diguyur hujan lebat, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Lampung, Banten, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur (Kaltim).

BACA JUGA:  Masyarakat Kaltim Diminta Waspadai Serangan Penyakit saat Musim Kemarau

Provinsi lainnya adalah Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Selanjutnya, ada pula peringatan mengenai potensi hujan yang disertai dampak seperti banjir yang dapat melanda daerah Aceh, Sumatera Utara, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

BACA JUGA:  Masyarakat Kaltim Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem Pada 6-11 Januari

Lalu, BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai kemunculan angin kencang di wilayah Aceh, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, dan Papua.

(Antara)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107