Wujudkan Keluarga Sejahtera, TP PKK Bontang Akhiri Bimtek di Bontang Lestari

Bontang – Dasawisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat yang memiliki peran penting, dalam melaksanakan  gerakan melalui 10 program pokok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Hal itu disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Bontang Hapidah Basri Rase saat melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi kelompok dasawisma di Kelurahan Bontang Lestari, Jumat (7/10/2022).

Hapidah menuturkan dasawisma memiliki peran strategis mewujudkan keluarga sejahtera. Bahkan, menjadi ujung tombak di lapangan, dalam memperoleh data keluarga secara rill.

“Keberadaan dasawisma akan mempermudah koordinasi dan jaringan. Sehingga, program PKK dapat berjalan tepat sasaran,” katanya.

Menurutnya, kapasitas dan wawasan para kader harus terus ditingkatkan. Salah satunya, peningkatan kapasitas dalam bidang administrasi.

BACA JUGA:  PKK Bontang Tingkatkan Kapasitas Administrasi Anggota

Hal ini dilakukan, agar para kader dapat mengetahui fungsi kerjanya. Adapun tugas dari para kader meliputi, mendata, menggerakkan dan menyampaikan informasi ke anggotanya.

“Pelatihan ini sangat penting, mengingat partisipasi dasawisma dalam penyediaan data yang up to date sebagai dasar intervensi program yang tepat sasaran,” tandasnya.

Sebagai tambahan informasi. 10 program pokok PKK, yakni 10 Program Pokok PKK, yakni penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga.

Pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

%d blogger menyukai ini: