Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Wisata ke Sungai Mahakam

Samarinda – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penuh perwujudan destinasi wisata Sungai Mahakam untuk membangkitkan ekonomi di daerah setempat.

“Saya mengajak para wisatawan domestik dan wisatawan dari seluruh dunia untuk berkunjung ke Sungai Mahakam. Terutama ke Desa Wisata Pela,” kata Sandiaga Uno melalui rilis yang diterima Antara di Samarinda, Jumat.

Ia mengatakan, para wisatawan bisa melihat pelestarian Pesut Mahakam. Itu merupakan spesies yang memberikan kontribusi di desa wisata Pela.

“Ini merupakan eco tourism, kita bisa melestarikan lingkungan kita untuk tahun-tahun mendatang,” katanya.

Diketahui, sebelumnya Sandiaga Uno sempat berkunjung ke Kalimantan Timur dalam rangka Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, yang berada di Desa Wisata Pela, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Ini adalah bentuk keberpihakan pemerintah pusat dan daerah untuk kebangkitan pariwisata berbasis kemasyarakatan,” lanjutnya.

Sandiaga Uno mengaku takjub saat melihat perjalanan dari Tenggarong ke Desa Pela selama dua jam. Baginya, itu adalah pariwisata berbasis komunitas.

“Fokusnya adalah aspek pelestarian lingkungan, konservasi, pelestarian dan membangun sumber daya manusia (SDM). Harapan kami, setiap aspek pariwisata  bisa mempersiapkan lingkungan yang membangkitkan pendapatan ekonomi masyarakat dan membuka lapangan kerja,” tuturnya.

Sandiaga Uno yakin, kelak Desa Wisata Pela akan menjadi destinasi kelas dunia. Ia pun menyebutkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR).

“Pak Menteri PU juga memiliki tugas dari Pak Presiden untuk membangun interkoneksi infrastruktur yang akan menopang IKN kita. Jadi bukan hanya di IKN, tapi juga di wilayah sekitar IKN ini semua juga harus memiliki interkoneksi yang bagus. Sehingga ekonomi masyarakat semakin sejahtera,” terangnya.

Sandiaga Uno menambahkan Desa Pela masuk dalam 50 desa wisata terbaik ADWI 2022 Kemenparekraf/Baparekraf.

“Desa ini selama setahun ke depan akan diberikan pendampingan dan pembinaan melalui program Tunas Kampung Berseri Astra (KBA) yang merupakan mitra kolaborasi Kemenparekraf/Baparekraf dalam ADWI tahun kedua,” tutupnya.   

%d blogger menyukai ini: