BACA JUGA:  PUPR Bakal Teken Kontrak Proyek IKN Rp4 Triliun Hari Ini

Ridwan Kamil Ditunjuk Jadi Kurator Pembangunan IKN

Selisik.id – Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengajak mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke proyek Ibu Kota Nusantara (IKN). Pria yang akrab disapa Kang Emil mengaku menerima amanah baru yakni sebagai Kurator Pembangunan IKN.

“Ya intinya 3 hari 2 malam kemping jadi lebih dekat. Pak Presiden itu karena jauh di Jakarta ingin memastikan arahan-arahan yang sifatnya general itu pas di teknisnya nyambung gitu,” tutur Kang Emil di Gedung KLY Office, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2023) dikutip dari Liputan6.com.

“Jadi saya ada jabatan Kurator Pembangunan IKN,” sambungnya.

BACA JUGA:  Bank Indonesia Pindah ke IKN Tahun Depan

Salah satu tugas dari Kang Emil adalah mengevaluasi berbagai hal dari proses proyek IKN, baik soal penanganan apabila telah terjadi keterlanjuran dan lainnya.

“Sehingga kita bisa juara dunia dari sisi desain dan lain-lain,” jelas dia.

Ridwan Kamil sangat optimistis sikap profesionalnya yang sudah menangani ratusan proyek dapat membantu serta memberhasilkan pembangunan IKN. Konsep yang disiapkan pun Smart Green City.

BACA JUGA:  Investor Asing Diberi Kesempatan Bangun IKN Nusantara

Nantinya, listrik di sana akan dimotori oleh tenaga surya secara penuh sehingga tidak ada lagi pembakaran batu bara yang dapat menyebabkan polusi udara. Selain itu, kendaraan jenis apapun juga aka menggunakan bahan bakar listrik.

“Di IKN mobil bensin dilarang. Mobil bensin berhenti di pintu kota, dan ada taksi elektrik yang bisa ke titik di sana,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Korea Selatan Minat Bangun Pabrik Panel Surya Dekat IKN

Bahkan, konsep bangunan di balik pepohonan pun dipikirkan secara matang. Jika dilihat dari atas, akan lebih banyak pepohonan rimbun yang terlihat dibandingkan gedung-gedung perkantoran atau pun niaga.

Dia menargetkan, IKN sudah dapat menjadi kota layak huni dengan berbagai fasilitas masa depan di dalamnya.

“Tantangannya satu, gimana mindahin orang sebanyak-banyaknya,” tandas Ridwan Kamil.

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107