Pupuk Kaltim Bantu Ribuan Paket Sembako bagi Warga Selama Isolasi Mandiri

BONTANG – Pupuk Kaltim salurkan 1.200 paket sembako dan suplemen bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri (Isoman) di Kota Bontang. Hal ini merupakan wujud kepedulian dan kontribusi Perusahaan, dalam penanganan Covid-19 yang diharap dapat semakin ditekan.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh AVP Bina Wilayah Departemen CSR Pupuk Kaltim Agus Hermanto, kepada Wakil Ketua Satgas Covid-19 Bontang Letkol Arh. Choirul Huda, pada Jumat (26/2).

Diungkapkan Agus Hermanto, bantuan sembako berupa beras, telur, minyak goreng, ayam, susu dan buah-buahan untuk pasokan selama dua minggu. Bantuan ini sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19, dengan pemenuhan kebutuhan harian bagi warga yang tengah menjalani isolasi mandiri.

Jumlah bantuan menyesuaikan data Isoman dari Dinas Kesehatan Kota Bontang. Mekanisme penyaluran dibantu Dinas Sosial dan langsung diteruskan ke pihak Kelurahan, untuk disalurkan bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri di seluruh wilayah Kota Bontang.

“Karena menjalani isolasi, otomatis tidak bisa keluar rumah untuk membeli kebutuhan harian. Untuk itu, Pupuk Kaltim berinisiatif memberikan pasokan makanan untuk dua minggu, sehingga warga Bontang yang tengah Isoman bisa fokus dan segera sembuh,” ujar Agus.

Menurut Agus, bantuan ini merupakan tindaklanjut program #PKTProactiveCovid19 Pupuk Kaltim, untuk membantu penanggulangan Covid-19. Beberapa program yang telah dilaksanakan diantaranya disinfeksi seluruh Kelurahan dan fasilitas publik, serta dukungan peralatan bagi Covid Fighter di setiap Kelurahan Kota Bontang.

Termasuk saat PPKM, Pupuk Kaltim menyalurkan ribuan APD berupa masker dan kebutuhan lain, untuk antisipasi penyebaran virus di Bontang dan Kaltim. Seluruh upaya tersebut diharap dapat membantu Pemerintah dan masyarakat dalam penanggulangan Covid-19, sekaligus meningkatkan kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

“Pupuk Kaltim berupaya maksimal membantu penanggulangan Covid-19. Semoga bantuan ini bermanfaat dan warga yang Isoman dapat segera sembuh,” tambah Agus Hermanto.

Komandan Kodim 0908 sekaligus Wakil Ketua Satgas Covid-19 Bontang Letkol Arh. Choirul Huda, mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pupuk Kaltim yang terus berkontribusi dalam penanggulangan Covid-19 di Kota Bontang. Bantuan bahan makanan dan suplemen dinilai salah satu upaya efektif menekan penyebaran virus, karena kebutuhan pokok bagi warga yang menjalani Isoman terpenuhi selama masa isolasi. Masyarakat diharap tidak melanggar protokol dengan tetap berada di rumah, serta bisa fokus untuk pemulihan kondisi hingga dinyatakan negatif Covid-19.

“Untuk itu kami imbau masyarakat yang Isoman tidak ada yang keluar rumah sampai dinyatakan sembuh, karena bahan makanan selama isolasi sudah ditanggung Pupuk Kaltim,” imbau Dandim Choirul.

Mewakili Pemkot Bontang, Kepala Dinas Sosial Abdu Safa Muha, mengapresiasi Pupuk Kaltim yang berkontribusi secara berkelanjutan dalam penanggulangan Covid-19. Menurut dia, seluruh bantuan Pupuk Kaltim selama ini sangat membantu Pemerintah, tenaga medis dan masyarakat. Hal ini dilihat dari manfaat bantuan yang menyasar langsung sesuai kebutuhan, tak hanya untuk penegakan protokol kesehatan tapi juga hal pokok seperti bahan makanan hingga suplemen.

“Kami menilai Pupuk Kaltim benar-benar mendukung penuh upaya Pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 di Bontang. Tidak satu dua kali saja dibantu tapi berkelanjutan dan ini sangat kami apresiasi,” kata Safa Muha.

Adanya bantuan ini diharap mampu memenuhi kebutuhan harian masyarakat yang menjalani Isoman, sehingga dapat membatasi ruang gerak dengan tetap berada di rumah. Apalagi di masa pandemi, faktor utama masyarakat keluar rumah untuk kebutuhan pokok yang setiap hari wajib dipenuhi.

“Sekarang tinggal bagaimana masyarakat untuk tetap patuh protokol kesehatan dan bisa menjalani Isoman dengan baik. Inilah bukti komitmen Perusahaan melalui sinerginya dengan Pemkot Bontang bagi masyarakat,” pungkas Safa Muha. (*/nav)