Pecah Ban di Tol Balsam, Bus Patas Bawa 30 Penumpang Terjang Pembatas Jalan

BALIKPAPAN – Bus patas Pulau Indah Jaya tujuan Samarinda dari Balikpapan mengalami kecelakaan di Km 70 Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), Jumat (20/5), setelah pecah ban depan.

Bus dengan nomor polisi KT 7828 AQ tersebut dikemudikan di Jalan Tol Balsam dengan kecepatan tinggi, sehingga ketika mengalami pecah ban depan sebelah kanan, sopir kehilangan kendali dan menabrak pagar pembatas di sis kiri jalan.

Dilansir dari Antara Kaltim, ketika mengalami pecah ban dan menabrak pagar, bus masih terus melaju dengan oleng hingga ke luar badan jalan. Usaha sopir MJ menstabilkan bus dan mempertahankan kemudi agar bus tidak terbalik berhasil, sehingga seluruh penumpang selamat. Hanya, kaca depan bus pecah dan badan penyok di beberapa tempat.

“Hanya kernet yang mengalami luka-luka ringan,” kata Kepala Unit Penegakan Hukum Polres Kutai Kartanegara (Kukar) Inspektur Satu Sunarto, mengutip keterangan resmi Kepala Satuan Lalulintas Polres Kukar Ajun Komisaris Polisi (AKP) Reza Pratama.

Insiden yang terjadi pada Jumat pagi tersebut menyebabkan para penumpang syok dan pucat. Saat petugas jalan tol datang, mereka duduk dan berkumpul dekat bus yang nahas tersebut.

Kernet yang luka segera mendapat perawatan setelah petugas medis jalan tol tiba.

PO Pulau Indah Jaya segera mengirimkan bus pengganti agar para penumpang bisa melanjutkan perjalanan ke Samarinda, lebih kurang 30 km utara dari tempat kecelakaan tersebut.

Kecelakaan di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda ini sudah ke sekian kali sejak beroperasi penuh hampir 2 tahun lalu. Hampir seluruhnya adalah kecelakaan tunggal yang disebabkan kondisi kendaraan atau pengemudi yang sedang tidak fit, seperti kelelahan dan mengantuk.

Beberapa minggu sebelum ini, rombongan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi yang sedang menuju bandara di Balikpapan menyaksikan sebuah mobil terbalik di Km 48 Tol Balsam.

“Saya ingatkan pengemudi, kalau lelah, mengantuk, istirahatlah,” kata Wagub Hadi.

Di jalan tol ada kawasan rehat atau rest area, di jalan bukan tol juga banyak pilihan tempat istirahat untuk menyegarkan kembali kondisi fisik pengemudi.

%d blogger menyukai ini: