Niat dan Tata Cara Mandi Sebelum Sholat Iduladha

Selisik.id – Sebelum melaksanakan sholat Iduladha, muslim biasanya mandi terlebih dulu untuk menyucikan diri dari kotoran dan najis yang ada di badan.

Sama seperti rangkaian mandi besar pada umumnya, muslim dianjurkan untuk membaca niat mandi sholat Iduladha.

Mandi sebelum melaksanakan sholat Id adalah salah satu amalan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Anjuran mandi besar ini telah dijelaskan dalam hadis riwayat berikut.

“Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam memerintahkan kami untuk mandi pada hari raya Idulfitri dan Iduladha.” (HR Imam Bukhari dan Muslim).

Mandi yang dimaksud bukan sekadar mandi biasa, melainkan mandi dengan mengguyur seluruh anggota badan, mulai dari rambut di kepala hingga kaki dengan air.

Hal ini dilakukan untuk memastikan tubuh dalam keadaan suci dari hadas dan najis sehingga memberikan kenyamanan dan ketenteraman dalam beribadah.

Sementara untuk waktu pelaksanaan mandi ini dianjurkan pagi hari di waktu Subuh, sebelum pergi ke masjid tempat menunaikan ibadah sholat Iduladha.

Niat Mandi Sholat Iduladha

Dikutip dari buku Adab dan Doa Sehari-hari untuk Muslim (2018), berikut bacaan niat mandi sholat Idul Adha lengkap dengan bahasa Arab, latin, dan artinya.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْاَضْحَى ِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liyaumi ‘idil Adha sunnatan lillahi ta’aalaa.

Artinya: “Saya niat mandi pada hari Raya Idul Adha sunnah karena Allah Taala.”

Tata Cara Mandi Sholat Iduladha

Supaya lebih afdal, di bawah ini terdapat tata cara mandi sholat Iduladha dari awal sampai akhir.

1. Membaca niat mandi sholat Iduladha

Membaca niat mandi sholat Iduladha, Nawaitul ghusla liyaumi ‘idil Adha sunnatan lillahi ta’aalaa. Kemudian masuk ke kamar mandi dengan melangkahkan kaki kiri lalu kaki kanan.

2. Membasuh telapak tangan

Setelah membaca niat, dilanjutkan dengan membasuh kedua telapak tangan sebanyak tiga kali untuk memulai mandi dengan air mengalir.

3. Membersihkan najis di anggota badan

Sebelum mengguyur badan, lebih dulu membersihkan kotoran atau najis yang ada di anggota badan sampai bersih menggunakan air mengalir.

4. Berwudu seperti hendak sholat

Apabila semua kotoran dan najis sudah dibersihkan, lanjut dengan berwudu seperti hendak akan sholat. Mulai dari mencuci tangan sampai membasuh kaki.

5. Menyiram anggota badan dari sebelah kanan

Dilanjutkan dengan menyiram anggota badan mulai dari sebelah kanan dan masing-masing tiga kali kemudian ke bagian kiri juga tiga kali.

Setelah disiram semua bisa lanjut mandi seperti biasa menggunakan sabun, memakai sampo, menyikat gigi dan lainnya sampai benar-benar bersih.

6. Membilas tubuh

Di tahap terakhir yaitu kembali membilas seluruh tubuh sampai bersih dengan air mengalir, mulai dari sisi kanan ke kiri dan ditutup dengan wudu untuk sholat seperti biasa.

Itulah bacaan niat mandi sholat Idul Adha lengkap dengan tata caranya dilansir dari CNNIndonesia.com.

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107