BACA JUGA:  Kakek di Kukar Ditemukan Selamat Usai 3 Hari Tersesat di Hutan

Nelayan di Balikpapan Selamat Usai Terombang-ambing Enam Hari di Laut

Balikpapan – Setelah enam hari terombang-ambing di lautan, Yusuf (65), nelayan asal Balikpapan ditemukan selamat dan dapat berkumpul lagi bersama keluarganya.

Melansir Prokal.co, Yusuf selamat setelah seorang nelayan dari Kampung Baru, Balikpapan Barat, Sukardi melihat Yusuf hendak melompat dari kapalnya, pada Sabtu (1/6/2024) kemarin.

Melihat itu, Sukardi segera mendekat dan membantu Yusuf. Saat ditemukan Yusuf dalam kondisi lemas. Kapal Yusuf akhirnya ditarik ke Balikpapan dan baru tiba Minggu (2/6/2024) pagi.

BACA JUGA:  Warga Kutim Hilang Disambar Buaya Saat Memancing

“Korban ditemukan dalam kondisi sangat lemah dan kelaparan. Dia sempat berpikir untuk melompat dari kapalnya agar nelayan lain memperhatikannya,” ungkap Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Anton Firmanto melalui Kanit Gakkum Polairud Polresta Balikpapan, IPTU Sunar.

Insiden yang dialami Yusuf bermula pada Senin (27/5/2024) kemarin. Satu jam setelah berangkat mesin kapal Yusuf mendadak mati di perairan menuju Kutai Kartanegara.

Yusuf sejatinya mendapat tawaran bantuan dari sesama nelayan. Yusuf saat itu menolak karena mengira masalah pada mesinnya hanya masalah biasa.

BACA JUGA:  Pria Mabuk di Balikpapan Hilang Usai Terjun ke Sungai

Rupanya, mesin kapal Yusuf tetap tak menyala meski dia sudah berusaha maksimal untuk memperbaiki. Akibatnya, Yusuf terombang-ambing di laut selama enam hari. Tanpa persediaan makanan, Yusuf hanya bisa bertahan dengan meminum air. Selama terombang ambing, ia pun telah berusaha meminta bantuan kepada nelayan yang melintas, namun tidak ada yang mendengar panggilannya saat itu.

BACA JUGA:  Kakek di Kukar Ditemukan Selamat Usai 3 Hari Tersesat di Hutan

“Sampai hari ke-6 korban terombang ambing sampai ke Pulau Bala-Balagan, Sulawesi Barat,” kata dia.

IPTU Sunar mengingatkan para nelayan untuk selalu memeriksa mesin kapal sebelum berangkat, membawa peralatan keselamatan seperti jaket pelampung dan alat komunikasi, serta tidak melaut sendirian. “Kami sarankan agar selalu berkelompok. Jika ada nelayan yang tidak memberikan kabar lebih dari satu hari, segera laporkan kepada pihak berwenang,” tegasnya.

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107