BACA JUGA:  PNS Milenial Jadi Penghuni Awal IKN

LMAN Sudah Gelontorkan Rp723 M untuk Pembebasan Lahan IKN

Selisik.id – Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) sudah menggelontorkan Rp723,78 miliar untuk pembebasan lahan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pembebasan laha. itu merupakan bukti proyek IKN berlangsung.

“Untuk IKN, di 2023 LMAN sudah menyalurkan Rp723,78 miliar. Ini capaian sangat baik untuk pembangunan IKN karena tidak mungkin konstruksi dibangun kalau lahan belum dibebaskan,” ujar Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi dalam Taklimat Media di Kantor LMAN, Jakarta Pusat, Senin (28/8) dikutip dari CNNIndonesia.com.

Basuki menyebut pembebasan lahan ini terbagi menjadi dua bagian. Pertama, akses jalan senilai Rp466,18 miliar.

BACA JUGA:  Titik Nol IKN Ditutup Sementara

Kedua, Kawasan Inti Pemerintah Pusat (KIPP) yang berisi kantor presiden hingga kantor menteri sebesar Rp257,60 miliar.

Termasuk untuk IKN, LMAN merealisasikan Rp116,04 triliun dari alokasi Rp144,46 triliun pendanaan 114 proyek strategis nasional (PSN).

Gelontoran dana ini merupakan akumulasi sejak 2017 lalu. Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN Qoswara merinci alokasi tersebut paling banyak digunakan untuk jalan tol, yakni 52 PSN dengan nilai realisasi Rp98,10 triliun.

BACA JUGA:  Pj Gubernur Pastikan Pembangunan Bumi Perkemahan Bertaraf Internasional di IKN Dilanjutkan

Setelah itu, ada 38 PSN berupa bendungan senilai Rp12,52 triliun. Kemudian, LMAN mengucurkan Rp3,12 triliun untuk 9 PSN berupa jalur kereta api, Rp0,62 triliun untuk 5 irigasi, Rp0,06 triliun untuk 1 proyek air baku, Rp0,80 triliun untuk 1 proyek pelabuhan, dan Rp0,08 triliun untuk 1 kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

Sementara itu, Dirjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Rionald Silaban menyebut negara memberikan tambahan Rp15 triliun kepada LMAN yang termaktub Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024.

BACA JUGA:  Pemprov Kaltim Janji Bayar Lahan Ring Road II Samarinda

“Dengan memperhatikan PSN-PSN yang ada, di mana memerlukan resources, maka pemerintah menambahkan Rp15 triliun. Mudah-mudahan ini bisa mendorong PSN yang ada dan kita tidak mengalami kesulitan terkait biaya pembebasan lahan,” harap Rionald.

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107