Korsel Siapkan Bujukan Agar Korut Tak Musnahkan Negaranya dengan Nuklir

Selisik.id – Korea Utara (Korut) mengancam akan memusnahkan Korea Selatan (Korsel) dengan senjata nuklir mereka. Namun, Seoul mulai menyiapkan bujukan agar Korut tidak menyerang negaranya.

Korsel kini menyiapkan bantuan berskala besar agar Korut menghentikan program nuklir mereka.

Presiden Korsel, Yoon Suk Yeol mengatakan, sudah menyiapkan detail bantuan berskala besar demi membujuk Korut.

Di antara ‘bujukan’ yang disiapkan Yoon adalah bantuan pangan hingga energi demi modernisasi infrastruktur seperti pelabuhan, bandara, dan rumah sakit.

“Inisiatif berani ini yang saya bayangkan akan secara signifikan mendongkrak ekonomi Korea Utara dan mata pencaharian rakyatnya secara bertahap, jika Korut menghentikan program nuklirnya dan mulai memproses denuklirisasi secara subtantif,” tutur Yoon seperti dilansir dari AFP.

Meski demikian analis mengatakan, amat kecil kemungkinan Korut menerima secara terbuka tawaran dari Korsel tersebut.

BACA JUGA:  Presiden Ukraina Pamer Kemenangan di Depan Menlu Rusia di KTT G20 Bali

Sejak 2017, Korut kembali getol melancarkan uji coba persenjataan mereka termasuk rudal balistik jarak jauh antarbenua.

Amerika Serikat dan Korsel juga semakin waspada dengan rencana uji coba nuklir yang akan dilakukan Kim Jong Un. Terlebih, Kim sebelumnya mengatakan siap perang nuklir dengan AS dan mengancam meratakan Korsel.

Media pemerintah KCNA melaporkan, Kim Jong Un melontarkan pernyataan itu pada pidatonya di peringatan 69 tahun angkatan perang Korut pada 27 Juli, seperti dikutip dari Channel News Asia. Peringatan itu secara teknis masih menandai bahwa Korea Utara dan Korea Selatan masih dalam masa peperangan.

Kim kembali memperingatkan pemerintahan Korsel di bawah Presiden Yoon Suk-yeol, setiap upaya untuk melumpuhkan Korut akan mendapat respons keras dan pemusnahan.

BACA JUGA:  Korut Siap Perang Nuklir dengan AS

“Saya sekali lagi menegaskan bahwa Korea Utara sepenuhnya siap untuk setiap konfrontasi militer dengan Amerika Serikat,” kata Kim Jong-un. (CNNIndonesia.com)

%d blogger menyukai ini: