BACA JUGA:  Honda Klaim Bercak Kuning di Rangka eSAF Tak Bikin Keropos

Kemenhub Panggil AHM Buntut Gaduh Rangka eSAF dan Desakan Recall

Selisik.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal memanggil Astra Honda Motor (AHM) buntut kegaduhan rangka eSAF skutik Honda yang dicurigai konsumen berkarat hingga mudah patah.

Pemanggilan terhadap merek Jepang sekaligus penguasa pasar roda dua Tanah Air ini dijadwalkan berlangsung pekan depan, tepatnya pada 28 Agustus 2023.

“Hari Senin 28 Agt 2023 saya rapatkan dengan mengundang AHM,” kata Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Danto Restyawan kepada CNNIndonesia.com, Jumat (25/8).

Menurut Danto pemanggilan ini lantaran pihaknya ingin menelusuri langsung akar masalah rangka eSAF ini yang sangat ramai sejak pertengahan bulan ini.

Danto mengatakan masalah ini tidak hanya menjadi perhatian masyarakat, tetapi juga pemerintah.

“Pembahasan ini terkait yang viral itu. Jadi sengaja saya rapatkan, bagaimana bisa terjadi seperti itu?” ucap dia.

BACA JUGA:  Honda Klaim Bercak Kuning di Rangka eSAF Tak Bikin Keropos

Danto menambahkan pemanggilan nanti akan melibatkan sejumlah perwakilan Kemenhub, salah satunya dari Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB).

Balai milik Kemenhub ini bertugas menguji kendaraan, termasuk produk motor Honda, sebelum dapat dijual ke pasar. Tugas mereka menerbitkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT).

“Balai uji Bekasi juga dilibatkan, saya kalau sudah terkait keselamatan, saya tegas,” ucap Danto.

Recall

Sebelumnya Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan situasi ini seharusnya menjadi perhatian AHM sebagai produsen.

Dia juga bilang AHM semestinya melakukan peninjauan dan mempertimbangkan opsi recall dengan memperhatikan sejumlah kondisi, misalnya apakah hal ini terjadi sudah melibatkan banyak konsumen, bukan cuma sejumlah kecil.

BACA JUGA:  Honda Klaim Bercak Kuning di Rangka eSAF Tak Bikin Keropos

“Kalau memang semua produk itu bukan case to case. Tapi kalau memang sudah merata, semua motor dengan tipe itu dengan kondisi yang dapat membahayakan pengemudi ya mestinya, dilakukan peninjauan oleh pabrikan apa masalahnya. Kalau memang keputusannya kalau memang (recall),” kata Hendro saat dihubungi, Jumat (25/8).

Hendro saat dihubungi mengaku belum mengetahui jelas apakah masalah rangka eSAF karat dan patah di motor Honda sudah masif atau belum. Dia berjanji bakal mempelajarinya lebih lanjut dan mengumpulkan data.

“Tapi saya kan belum tau ini sudah masif apa kasus tertentu. Karena domisili kan juga pengaruh, misalnya orang di gunung dan tepi pantai kekuatan (kendaraan) akan berpengaruh. Nanti saya diskusikan, saya cari datanya dalam beberapa hari ini,’ ucap Hendro.

BACA JUGA:  Honda Klaim Bercak Kuning di Rangka eSAF Tak Bikin Keropos

Ada empat model skutik yang dirancang memakai eSAF di Indonesia yaitu Genio, Beat, Vario 160, dan Scoopy. Keempatnya merupakan produk unggulan Honda menguasai pasar roda dua di Indonesia.

Foto dan video yang menunjukkan rangka eSAF berkarat dan patah telah berhamburan di media sosial. Kasus tersebut juga diduga telah berlangsung lama, namun baru ramai mencuat pada satu hingga dua pekan terakhir.

AHM sudah menyatakan dugaan karat itu adalah bercak kuning silikat, senyawa yang digunakan saat pengelasan ketika proses produksi yang diklaim justru melindungi dari karat. Walau demikian konten soal rangka eSAF bermasalah masih tetap bermunculan.

(CNNIndonesia.com)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107