BACA JUGA:  Hari Ini Disdikbud Bontang Mulai Bagikan Seragam Gratis ke Pelajar SMP

Hujan Prestasi Untuk Lingkungan, Wali Kota Bontang di Undang Pembicara Talkshow Strategi Mencapai Adipura

Bontang – Bertempat di Arena Indonesia komplek Gelora Bung Karno, LIKE (Lingkungan-Iklim-Kehutan-Energi) Festival digelar meriah. Acara tersebut diusung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Sejumlah pejabat kementerian dan narasumber yang hadir dalam acara tersebut adalah Rosa Vivien Ratnawati Dirjen Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya, Ari Sugasri Kasubdit Pemantauan dan Evakuasi, Nirwono Yoga Pengamat Tata Kota, Bupati Banyumas Achmad Husein, serta Wali Kota Bontang Basri Rase.

Direktur Jendral pengelolaan limbah, sampah, dan bahan beracun berbahaya dalam sambutannya mengatakan bahwa dukungan Pemerintah Pusat sangat penting, termasuk program-program bantuan dan pedoman teknis yang dapat memandu Pemerintah Daerah. Ia juga berharap LIKE Festival ini menjadi tempat berbagi informasi antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat dan masyarakat dalam upaya bersama menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

BACA JUGA:  Indeks Kearsipan Rendah, Pemkot Bontang Luncurkan SIMAS PINTER

“Kami akan terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk menyediakan panduan dan sumber daya yang diperlukan agar tujuan bersama ini dapat tercapai, semoga lewat acara ini kita dapat berkolaborasi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam menjaga kelestarian lingkungan. Dengan diskusi terbuka dan berbagi pengalaman, diharapkan akan muncul ide-ide inovatif yang dapat mempercepat pencapaian Adipura di seluruh indonesia,” ungkapnya.

Dalam talkshow itu, Basri Rase yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Heru Triadmojo memberikan wawasan mengenai upaya yang telah dilakukan pemkot Bontang dalam mencapai Adipura. Bontang, sebuah kota yang terletak di Kalimantan Timur, telah memperlihatkan komitmen kuat dalam mengelola lingkungan dan kebersihan kota.

BACA JUGA:  BPBD Bontang Tingkatkan Patroli Cegah Karhutla

“Kunci utama keberhasilan kami adalah partisipasi masyarakat dan penerapan teknologi modern dalam pengelolaan sampah dan limbah,” ujar Heru.

Ia juga menekankan pentingnya edukasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.

Selain itu, Heru juga menguraikan berbagai program inisiatif yang telah diterapkan Pemerintah Kota Bontang untuk mencapai Adipura. Salah satu strategi yang ditekankan oleh Heru adalah kerjasana erat antara pemerintah daerah, masyarakat, dan sektor swasta dalam upaya menjaga kebersihan dan keindahan.

“Kami yakin bahwa upaya menuju Adipura bukanlah tugas yang bisa diselesaikan sendiri oleh pemerintah. Ini adalah hasil kerjasama semua elemen masyarakat dalam menjaga kebersihan, mengurangi limbah, dan melestarikan lingkungan,” katanya.

Partisipasi Pemerintah Kota Bontang dalam talkshow ini memberikan inspirasi kepada pemerintah daerah lainnya untuk berupaya untuk mencapai penghargaan Adipura dan menjadikan lingkungan yang bersih dan hijau sebagai prioritas utama. Melalui pengalaman suksesnya, Heru telah membuktikan bahwa dengan kerjasama yang baik antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta, visi lingkungan yang berkelanjutan dapat menjadi kenyataan.

BACA JUGA:  Pemkot Bontang Tekan Stunting Lewat Boba Race 2023

Ia juga menyampaikan permintaan maaf dari Wali Kota Bontang yang dijadwalkan hadir dan langsung memberikan pengalaman tetapi karna kondisi kurang enak badan jadi tidak bisa hadir.

Acara talkshow yang bertemakan “Arah dan Strategi Pemerintah Daerah dalam Mencapai Adipura” merupakan bagian dari upaya KLHK dalam mengedukasi dan memotivasi Pemerintah Daerah diseluruh Indonesia untuk lebih peduli terhadap lingkungan hidup dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan. (kmf-indra/Adv)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107