DKP3 Bontang Gelar Pelatihan Sembelih Hewan dan Penanganan Daging Kurban

SELISIK.ID, Bontang – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Peternakan (DKP3) Bontang menggelar pelatihan penyembelihan hewan dan penanganan daging kurban yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (Asuh), di Auditorium Taman 3 Dimensi, Senin (15/7/2019).

Pelatihan yang dihadiri pengurus masjid dan musala se-Bontang tersebut, menghadirkan tiga pemateri sekaligus. Di antaranya, penyembelih hewan bersertifikat dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Bontang, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bontang, dan dosen Fakultas Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kepala DKP3 Bontang Aji Erlynawati menuturkan, sebenarnya kegitan tersebut rutin digelar setiap tahun. Namun kali ini sedikit berbeda, seperti pada peserta yang jumlahnya lebih banyak. Kemudian narasumber bukan hanya dari lokal namun ada dari luar.

”Dari semua materi tentunya dapat memberikan informasi terkait kesejahteraan hewan dan penyembelihannya,” tuturnya.

Dia menambahkan, dengan adanya pelatihan tersebut, tentu peserta yang melakukan penyembelihan bisa paham sekaligus mengetahui penanganan daging kuban yang aman sesuai syariat islam.

“Namun yang luar biasa lagi pada tahun ini adalah adanya demonstrasi penyembelihan hewan kurban di RPH yang dibantu dua perusahaan dan yaumil berupa 1 ekor sapi dan 2 kambing,” tutupnya. (ver)