Cegah Penyakit, Tiap Tiga Bulan DKP3 Rutin Periksa Hewan

Kasi Pelayanan Kesehatan Hewan DKP3 Bontang drh Riyono.

SELISIK.ID, Bontang – Tiap tiga bulan sekali, Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Bontang rutin melakukan pemeriksaan hewan.

Pemeriksaan tersebut guna mencegah adanya penyakit pada hewan ternak di Bontang.

Kasi Pelayanan Kesehatan Hewan DKP3 Bontang drh Riyono menjelaskan, program ini dilakukan untuk memastikan hewan ternak yang masuk ke Bontang aman dari penyakit menular akut. Hingga penyakit mematikan. Salah satunya adalah penyakit antraks. Maka itu, pihaknya rutin melaksanakan pemantauan dan pemeriksaan terhadap hewan ternak.

“Selain pemeriksaan pada sapi, pihaknya juga rutin melaksanakan pemeriksaan ke setiap peternak kambing, setiap tiga bulan sekali,” ungkapnya. Kamis (1/8/2019).

Riyono memaparkan, tindakan yang dilakukan dalam pemeriksaan hewan tersebut. Di antaranya memberikan vaksinasi jembrana, pemberian vitamin, pengecekan kebuntingan sapi atau palpasi rectal, dan pengambilan sampel darah.

Setelah darah diambil, selanjutnya dibawa ke laboratorium Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Provinsi Kaltim di Samarinda untuk diperiksa.

“Alhamdulillah setiap hasil lab selama ini selalu baik,” terangnya.

Dia menambahkan, pengecekan kesehatan ini tidak hanya saat hewan tiba di Bontang. Tetapi sebelum hewan tersebut sampai di Bontang juga telah dilakukan pengecekan secara berlapis oleh petugas dan dokter hewan.

Mulai masuk ke dalam pelabuhan tempat asal, saat tiba di pelabuhan yang dituju sebelum didistribusikan ke masing-masing kabupaten/kota. Saat hewan telah sampai di tempat tujuan, hingga sebelum dipotong di Rumah Potong Hewan (RPH).

“Semua dilakukan untuk memastikan hewan yang datang benar-benar hewan yang sehat,” terangnya. (adv/ver)