Banyak Peminat, Peserta Khitanan Massal UPZ Pupuk Kaltim Membludak hingga 201 Anak

Suasana Khitanan Massal Anak yang dilaksanakan UPZ Baznas Pupuk Kaltim.

SELISIK.ID, Bontang – Ratusan anak laki-laki terlihat ramai mengenakan baju koko, sarung dan peci, di Klinik Dhuafa atau tepat di depan Pasar Citra Mas Loktuan, Minggu (22/12/2019).

Mereka terlihat berjalan tertatih sambil mengangkat sarung ditemani para orang tua.

Mereka merupakan peserta Khitanan Massal Anak yang digelar Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Pupuk Kaltim bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Pupuk Kaltim.

Ketua UPZ Baznas Pupuk Kaltim Nur Sahid menuturkan, karena peserta membludak, pihaknya melaksanakan khitanan massal selama dua kali.

Dijelaskan Nur Sahid bahwa pelaksanaan pertama dilaksanakan pada 15 Desember dengan jumlah peserta 100 anak. Kemudian Minggu (22/12/2019) dengan total peserta 101 anak.
“Sesuai rencana kami menargetkan 100 anak. Karena lebih, ya kita bikin hari kedua,” jelasnya.

Pria yang juga menjabat General Umum PT Pupuk Kaltim ini mengatakan dana yang digunakan merupakan zakat dari karyawan Pupuk Kaltim sebesar 2,5 persen. Peserta khitanan harus mustahik atau yang berhak menerima zakat.

“Memang tugas kami adalah mengumpulkan zakat dari karyawan. Serta menyalurkan kepada mustahik sampai habis,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Panitia Khitanan Massal Anak Nendra Ariyanto menjelaskan para peserta yang mendaftar, baik di gelombang pertama dan kedua mereka semua telah disurvei. Itu dilakukan agar tepat sasaran khususnya bagi orang-orang yang mustahik.
“Di gelombang kedua ini para peserta kami survei selama seminggu,” jelasnya.

Nendra menambahkan adapun paket khitanan yang diberikan kepada para mustahik. Di antaranya sertifikat, uang saku Rp 250 ribu, celana khitanan, sarung, baju koko, peci, foto bersama pendamping yang langsung dicetak, dan kontrol sekali setelah khitan di Klinik Dhuafa.
“Kami juga dalam kegiatan ini bekerja sama tim dokter dan medis dari RS Pupuk Kaltim,” pungkasnya. (adv/ver)