BACA JUGA:  Optimalkan Pengawasan Pupuk Bersubsidi, Pupuk Kaltim Perpanjang Kerjasama dengan Kejati Kaltim

15 Tahun Beasiswa PKTPP, Pupuk Kaltim Dorong Peran Alumni Penerima Program dalam Pembangunan

Samarinda – Lima belas tahun perjalanan program beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP), sukses mencatat prestasi dalam mengantar generasi menyelesaikan pendidikan menuju cita-cita dan harapan. Hal itu pun mendasari para alumni penerima beasiswa PKTPP lintas angkatan, menggelar reuni dan gathering bersama Manajemen PT Pupuk Kalimantan Timur di Ballroom Hotel Mercure Samarinda, Minggu (9/10/2023).

Kegiatan bertema “Race For Excellent” ini menjadi ajang untuk saling bersilaturrahmi, dan meningkatkan kedekatan antara sesama alumni penerima beasiswa dengan Pupuk Kaltim. Sebanyak 50 alumni dari berbagai angkatan hadir dalam kebersamaan mengenang masa-masa sebagai peserta program PKTPP, yang tersebar di berbagai perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia.

“Meski seluruh alumni tidak dapat hadir karena banyak yang berkarir di luar Bontang dan Kaltim, namun tidak mengurangi khidmatnya kegiatan ini,” ujar AVP Pembangunan Sosial Lingkungan TJSL Pupuk Kaltim, sekaligus Ketua Program PKTPP Cantri Winarti.

Dikatakan Cantri, melalui gathering ini alumni dapat menjadi inspirasi bagi penerima beasiswa PKTPP yang saat ini masih menempuh pendidikan. Begitu juga dengan pengalaman yang dimiliki alumni penerima beasiswa, diharap dapat berkontribusi terhadap pengembangan program PKTPP kedepan, maupun manfaat bagi sesama alumni dan penerima beasiswa yang tengah berjalan.

BACA JUGA:  Iduladha Bersama Masyarakat, Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan 9 Sapi Kurban di Fakfak

“Untuk memotivasi, gathering ini juga mengikutsertakan para penerima beasiswa PKTPP yang masih menempuh pendidikan, agar dapat menggali pengalaman dari para alumni untuk terus berprestasi,” tambah Cantri.

VP TJSL Pupuk Kaltim Sugeng Suedi, mengatakan kegiatan ini menjadi momen untuk semakin mengukuhkan rasa kebersamaan antara Pupuk Kaltim dengan alumni dan penerima beasiswa PKTPP, melalui wadah komunikasi efektif sehingga dapat terus bersinergi dengan Perusahaan untuk berkontribusi dan memberi manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Eratnya rasa kekeluargaan dan persaudaraan yang terjalin antara alumni, merupakan cermin dari kredibilitas. Hal ini dapat memotivasi alumni untuk lebih membangun loyalitas dan integritas, dengan terus berprestasi sekaligus memberi manfaat sebagai penerima beasiswa PKTPP,” papar Sugeng.

Menurut Sugeng, program beasiswa PKTPP digagas sebagai upaya Pupuk Kaltim dalam meningkatkan kapasitas SDM generasi muda berprestasi, khususnya dari keluarga kurang mampu untuk menyelesaikan pendidikan di bangku perkuliahan. Berbagai perbaikan dan penyempurnaan program terus dilaksanakan sejak dimulai pada 2008 silam, hingga kini di tahun ke-15 program PKTPP juga mengakomodasi para siswa berprestasi mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga jenjang Strata-1.

BACA JUGA:  Mengenal Budi Wahju Soesilo, Nakhoda Baru Pupuk Kaltim

Selain itu, program PKTPP juga bagian dari komitmen Pupuk Kaltim terhadap pencapaian 17 indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), utamanya mewujudkan pendidikan berkualitas bagi anak bangsa. Termasuk implementasi tiga sasaran utama program TJSL perusahaan sesuai amanat Kementerian BUMN, yakni bidang pendidikan, lingkungan dan pengembangan UMKM.

“Pupuk Kaltim pun menaruh harapan di pundak alumni agar mampu berkontribusi dalam pembangunan, sekaligus membantu perusahaan sebagai penyambung lidah ke masyarakat, terkait berbagai program pemberdayaan yang direalisasikan untuk memberi manfaat dalam mencapai kemandirian,” lanjut Sugeng.

Dirinya juga mengimbau kegiatan gathering dan reuni terlaksana tiap tahun, melibatkan para alumni yang belum terjangkau dan tidak dapat hadir pada kesempatan ini. Sehingga dari kegiatan yang dilaksanakan, semakin mengintensifkan komunikasi antar angkatan penerima beasiswa, serta ajang saling mengenal dan merapatkan barisan untuk memberikan kontribusi terbaik sesuai bidang ilmu yang dimiliki.

BACA JUGA:  Berbagi Berkah Ramadan 1444 H, Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan Rp1,050 Miliar Bagi Warga Bontang

“Diharap ke depan, hubungan antar alumni PKTPP makin terjalin erat dengan kegiatan bersama secara rutin untuk mengenal satu sama lain. Termasuk jalinan komunikasi agar berkelanjutan, bisa dengan membuat grup alumni sebagai wadah interaksi,” tambah Sugeng.

Sejumlah perwakilan alumni pun turut memberikan apresiasi dan rasa terima kasih atas program beasiswa PKTPP, yang dinilai sangat membantu anak dari keluarga kurang mampu mendapatkan pendidikan layak. Salah satunya Hairi Cipta, yang mengaku terbantu dengan program PKTPP sehingga dirinya bisa menempuh perkuliahan sesuai bidang ilmu yang diinginkan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pupuk Kaltim, karena program PKTPP kami bisa menggapai cita-cita dan menyelesaikan kuliah sesuai harapan. Semoga program ini terus ada, dan makin banyak siswa berprestasi mendapatkan manfaat,” tutur Hairi. (Adv)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107