BACA JUGA:  Titik Panas di Kaltim Turun Menjadi 48

Jumlah Titik Panas di Kaltim Berkurang

Balikpapan – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi adanya penurunan jumlah titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (KaltIm), yakni dari 257 titik pada Senin (9/10) menjadi 173 titik panas pada Selasa (10/10).

“Sebanyak 173 titik panas tersebut terpantau sepanjang Selasa kemarin mulai pukul 01.00 hingga 24.00 Wita,” ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman – Sepinggan BMKG Stasiun Balikpapan Diyan Novrida, Rabu (11/10) dikutip dari Antara.

Titik panas merupakan indikator kebakaran hutan atau lahan (karhutla) yang terdeteksi dari suatu lokasi, yakni dengan suhu relatif tinggi dibandingkan dengan suhu di sekitarnya.

BACA JUGA:  Warga Kaltim Diimbau Waspadai Pasang Air Laut Setinggi 2,8 Meter

Untuk itu, semua pihak diimbau saling menjaga dan waspada, seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan, kemudian tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan agar tidak terjadi karhutla.

Menurutnya, sebaran titik panas tersebut telah diinformasikan ke pihak terkait, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing agar mendapat penanganan lebih lanjut.

BACA JUGA:  Titik Panas di Kaltim Turun Menjadi 48

Sebelumnya, sebanyak 257 titik panas itu tersebar di enam kabupaten, yakni di Kabupaten Paser terdapat 16 titik, Penajam Paser Utara 3, Kutai Barat 16, Kutai Timur 40, Kutai Kartanegara 112, dan Kabupaten Berau terdeteksi sebanyak 70 titik panas.

“Sedangkan 173 titik panas yang terpantau sepanjang Selasa kemarin, juga tersebar pada enam kabupaten, yakni di Paser 116, Penajam Paser Utara 5, Kutai Barat 3, Kutai Timur 4, Kutai Kartanegara 36, dan Kabupaten Berau terdeteksi sebanyak 9 titik,” kata Diyan.

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107