BACA JUGA:  BPBD Bontang Berikan Edukasi Soal Keamanan ke Penyedia Kapal Penyeberangan Beras Basah

Indeks Kearsipan Rendah, Pemkot Bontang Luncurkan SIMAS PINTER

Bontang – Pemkot Bontang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, menyelenggarakan Launching Dan Sosialisasi Sistem Pengawasan Kearsipan Internal (SIMAS PINTER). Kegiatan tersebut digelar pada Selasa, (01/07/2023) di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang.

Kegiatan dibuka langsung oleh Wali Kota Bontang Basri Rase. Turut hadir pula dalam kesempatan itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Retno Febriaryanti.

Dalam laporan yang disampaikan Ketua Tim Pelaksana Hapidah, kegiatan ini merupakan sebuah inovasi dalam menjawab tantangan zaman.

“Di tengah perkembangan arus teknologi informasi saat ini, semua akses informasi bisa terhubung dengan cepat melalui jaringan internet. Hal ini tentunya menuntut kita sebagai pemerintah termasuk pemerintah kota untuk terus menciptakan inovasi dalam bentuk aplikasi dalam upaya memudahkan pelaksanaan tugas pemerintahan sehingga dapat dilaksanakan secara cepat, akurat, objektif dan berkualitas,” ungkapnya.

BACA JUGA:  BPBD Bontang Gerak Cepat Tangani Bencana Angin Puting Beliung di Selambai

Senada dengan hal tersebut, Wali Kota Bontang Basri Rase mendukung segala inovasi yang dapat meningkatkan kinerja dan akuntabilitas Pemerintah Kota Bontang.

“Arsip yang autentik dan terpercaya merupakan aset berharga bagi kita sebagai penyelenggara pemerintahan, karena arsip tersebut tidak hanya merekam jejak kegiatan dan keputusan kita, tetapi juga merupakan bukti nyata dari proses pengambilan keputusan yang sesuai dengan prinsip dan kaidah standar kearsipan,” ujar Basri.

BACA JUGA:  Hadiri OSMB Universitas Terbuka, Ini Pesan Najirah untuk Mahasiswa

Basri juga menjelaskan bahwa indeks kearsipan di Bontang saat ini masih terbilang rendah. Maka dari itu, dengan adanya aplikasi SIMAS PINTER ini diharapakan bisa meningkatkan dan mempermudah penyimpanan layanan kearsipan.

“Adanya SIMAS PINTER ini jadi lebih efektif dan efisien, sehingga tidak ada lagi arsip yang menumpuk di setiap OPD. Kalau kita perlu apa-apa tinggal buka saja aplikasi ini, tidak perlu bongkar-bongkar. Dan rekam jejak digital kita tidak akan pernah hilang di aplikasi ini,” tuturnya.

BACA JUGA:  Wakil Wali Kota Bontang Najirah Ajak Masyarakat Lestarikan Warisan Budaya

Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta akan berbagi pengetahuan terutama tentang pengawasan kearsipan internal.

“Saya berharap agar acara ini dapat menjadi ajang yang produktif dan kolaboratif, di mana setiap peserta dapat saling belajar dan memperkaya pengalaman dalam rangka pengelolaan kearsipan yang lebih baik lagi,” tandasnya. (Adv)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107