Tunnel Garam Krosok Bakal Ditambah

Salah satu tunnel garam krosok di Bontang.


SELISIK.ID, Bontang – Pemkot Bontang melalui Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang akan meningkatkan produksi garam krosok di Kota Taman.

Kadis DKP3 Aji Erlynawati mengatakan, rencananya tahun depan pihaknya akan menambah lahan produksi garam. Saat ini masih dilakukan inventarisasi lokasi yang paling tepat untuk industri garam.

“Kita masih lihat lokasinya di mana yang cocok, kemudian kita bentuk kelompok pengelolanya, semoga di tahun 2020 bisa terealisasi,” ungkapnya kepada awak media, Kamis (7/11/2019).

Wanita karib disapa Iin ini menuturkan peninjauan ke tempat tempat yang cukup representatif sudah dilakukan. Nantinya, setelah lokasi ditetapkan, DKP3 akan melakukan desain ulang untuk penambahan tunnel, agar produksi garam krosok di Kota Bontang meningkat dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kita upayakan, penambahan tunnel, Insyaallah mudah-mudahan nanti di tahun 2020 bisa terealisasi,” ucapnya.

Aji menjelaskan, selama ini pasokan garam krosok diperoleh dari luar Kota Bontang. Produk dari Pulau Sulawesi dan Madura menjadi produk yang mendominasi pasar lokal.

Setiap bulan, kebutuhan garam ini mencapai 10 ton. Pemkot Bontang optimistis produksi garam rakyat ini bisa memenuhi kebutuhan dalam kota.

“Kita sekarang masih punya satu, lahan yang tersedia masih banyak. Kita yakin pasti bisa penuhi kebutuhan Bontang,” pungkasnya. (adv/ver)

Leave A Reply

Your email address will not be published.