Tidak Banyak yang Tahu, Begini Sejarahnya Wali Kota Cup

Nurdin. (Veri/Selisik.Id)

SELISIK.ID, Bontang – Wali Kota Cup merupakan turnamen sepak bola bergengsi di Bontang yang diikuti banyak tim sejak pertama kali diselenggarakan sekira 2001 silam.

Namun banyak yang tidak tahu bahwa turnamen ini lahir dipicu dari persaingan dua tim. Yakni PS Samudera dari Bontang Selatan dan PS Setda dari Bontang Utara.

Mantan Pemain PS Samudera Nurdin menceritakan, sebenarnya turnamen sepak bola di Bontang sudah berjalan sejak dulu. Namun dulu bukan dikenal Wali Kota Cup, melainkan PPP Cup. Karena yang melaksanakan turnamen ini adalah H Adam Malik yang kebetulan waktu itu menjabat Wakil Wali Kota Bontang sekaligus politisi PPP.

Turnamen ini pun rutin diselenggarakan dan sudah diikuti sebanyak 16 tim lokal yang digelar di Sekambing. Kini dikenal dengan Bontang Lestari.

“Saya lupa di lapangan mana waktu itu, yang saya ingat lapangannya itu miring,” tuturnya saat ditemui, Senin (9/9/2019).

Dia pun mengungkapkan, berbekal pernah menjadi ketua pelaksana dan pernah membuat proposal Padaidi Cup, yakni turnamen sepak bola di Kelurahan Padaidi, Kecamatan Mattiro Bulu, Sulawesi Selatan (Sulsel). Dia pun menggagas turnamen bersama rekan timnya di Samudera agar turnamen PPP Cup dapat dipindah di kota bertajuk H Adam Cup.

Tujuannya tidak lain untuk melihat tim mana yang kuat antara Samudera atau Setda. Pasalnya, Setda selalu menjadi tim pilihan mewakili Bontang bila ada turnamen di luar. Karena tim yang dibina almarhum itu Darsani memang terkenal kuat kala itu.

Tetapi Samudera pun merasa layak karena merasa kuat juga kala itu.

“Kami pun sepakat bersama teman-teman di Samudera untuk mengusulkan turnamen di kota agar dapat dibuktikan Samudera atau Setda yang layak mewakili Bontang,” bebernya.

Setelah disepakati, proposal pun dibawa salah satu rekannya waktu itu ke Wali Kota Bontang. Saat itu dijabat Sofyan Hasdam. Namun setelah bertemu wali kota, nama turnamen berubah. Bukan lagi H Adam Cup, melainkan Wali Kota Cup yang saat ini sudah memasuki pelaksanaan ketiga belas kalinya pada 14 September ini.

“Pertama kali memang Wali Kota Cup sudah diikuti 32 tim dan diselenggarakan di Stadion Bessai Berinta,” pungkasnya. (ver)

Leave A Reply

Your email address will not be published.