Tahun Ini Tidak Ada Takbir Keliling

Kemeriahan takbir keliling yang setiap tahun jadi tradisi tidak lagi dirasakan Lebaran kali ini karena Covid-19. (ist)

SELISIK.ID, BONTANG – Pemkot Bontang meniadakan pelaksanaan takbir keliling yang biasa digelar setiap tahunnya.

Hal ini untuk mencegah penyebaran Virus Covid -19 yang mematikan tersebut.

Sekretaris Kota (Sekkot) Bontang Aji Erlynawati mengatakan, berdasarkan hasil rapat bersama, pihaknya mengimbau untuk pelaksanaan salat id di rumah. Kata dia, sama seperti takbir keliling yang ditiadakan.

Hal ini dilakukan untuk memutuskan mata rantai penyebaran Virus Covid -19.
“Hasil rapat salat id sdh ditetapkan di rumah. Otomatis takbir keliling sama,” terangnya,  saat dihubungi Selisik.Id, Jumat (22 /5/2020).

Aji pun meminta kepada masyarakat untuk mematuhi anjuran yang sudah dikeluarkan pemerintah. Mengingat wabah saat ini belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan langsung. “Harus tetap di rumah. Demi kesehatan bersama,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Bontang AKBP Boyke Karel Wattimena menuturkan, meskipun pemkot sudah mengeluarkan imbauan untuk salat id di rumah. Pihaknya tetap melaksanakan patroli di malam perayaan Idulfitri.”Kami tetap patroli pengamanan,” katanya.

Boyke juga  meminta untuk mematuhi imbauan yang sudah ditetapkan pemerintah.”Harus ikuti aturanlah. Hindari keramaian,” pintanya.

Selain itu, Ali Mustofa, Bina Masyarakat Islam Kemenag Bontang menyampaikan pelaksanan takbir di masjid tetap dilakukan.Tetapi jumlah orangnya dibatasi. “Untuk takbir keliling tidak ada,” katanya.

Dirinya juga mengimbau masyarakat untuk tidak mengelar open house. Pihaknya pun meminta¬† tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan menjaga jarak. Demi memutus mata rantai penyebaran virus saat ini.”Tetap ikuti aturan kesehatan”. (Reporter: Mawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.