Swasembada Cabai dan Bawang, Tahun Ini DKP3 Bontang Terapkan Program Babe

DKP3 Bontang bersama tim saat monitoring harga cabai dan bawang yang melonjak jelang Iduladha.

SELISIK.ID, Bontang – Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Bontang akan berswasembada cabai dan bawang.

Itu dilakukan dengan menerapkan program pengembangan Bawang dan Cabai (Babe) yang dilaksanakan tahun ini. Hal tersebut diungkapkan Kabid Ketahanan Pangan DKP3 Bontang Debora Kristiani, saat memonitoring harga cabai bersama tim gabungan, di Pasar Sementara Rawa Indah, Selasa (6/8/2019).


Debora mengatakan, dari hasil monitoring sejumlah harga bahan pokok, dia memaparkan bahwa untuk komoditas lain semua harga stabil. Namun tidak cabai rawit dan besar.

Dari hasil percakapan dengan para pedagang, penyebabnya adalah karena saat ini masuk musim kemarau. Kemudian permintaan pun meningkat menjelang iduladha.

“Memang ada juga petani lokal yang menanam, tapi produksinya menurun,” ungkapnya.

Maka dari itu, usai musim kemarau, ia mengaku pemkot melalui DKP3 akan menerapkan program Babe. Program ini diyakini dapat menekan harga cabai dan bawang, karena para petani akan didukung DKP3 untuk mengembangkan cabai dan bawang.

Sehingga ketika pasokan menurun namun permintaan meningkat, masyarakat tidak perlu lagi resah karena akan disupport dari program ini nantinya.
“Mungkin nanti setelah hujan progam ini kami akan jalan,” pungkasnya. (adv/ver)