Susun Rencana Induk Kelitbangan, Bapelitbang Gandeng Dosen dan Peneliti

Rapat Rencana Induk yang digelar Bapelitbang Bontang dihadiri perwakilan seluruh OPD.

SELISIK.ID, Bontang – Dalam menyusun rencana induk kelitbangan, Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Bontang menggandeng dosen dan peneliti dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda.


Kepala Sub Bidang Data, Penelitian, dan Pengembangan Bapelitbang Bontang, Noni Agetha menjelaskan, sesuai amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 16 Tahun 2017 tentang pedoman penelitian dan pengembangan di lingkungan Kemendagri dan pemerintah daerah.

Amanah yang harus dilakukan sesuai permendagri itu adalah melakukan pengkajian, perekayasaan, pengoperasian, penerapan, pengembangan, dan evaluasi kebijakan yang disusun sebagai salah satu masukan dalam perumusan kebijakan.

Dalam hal ini, Pemkot Bontang melalui Bapelitbang bekerja sama dengan dosen dan peneliti dari Unmul untuk menyusun rencana induk 2019-2024 yang akan digunakan lima tahun kedepan sebagai penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.


“Untuk penyusunan rencana induk tersebut, kami bersama dosen dan peneliti mengundang seluruh OPD di rapat pertama belum lama ini. Dengan kegiatan pendahuluan menggali isu strategis masing-masing perangkat daerah ditindaklanjuti di dalam kajian untuk menentukan rencana kerja 5 tahun ke depan,” ungkapnya saat ditemui di Kantor Bapelitbang Bontang, Senin (9/9/2019).

Noni menambahkan, dalam kegiatan tersebut, itu menjadi salah satu upaya Pemkot Bontang dalam mempersiapkan diri dengan ditunjuknya Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai ibu kota negara (IKN) yang baru dengan menggali semua sektor.

Seperti UMKM, pariwisata, perekonomian, dan lainnya agar bisa dikembangkan dan menjadi daya tarik Bontang ke depannya.
“Setelah rapat pertama, rencana Oktober lagi akan kami lanjutkan rapat kedua,” tutupnya. (adv/ver)