Sering Banjir, DPRD Kawal Usulan Normalisasi Sungai Kelurahan Belimbing

SELISIK.ID, Bontang – Banjir menahun yang dialami warga Kelurahan Belimbing sampai ke meja Komisi III DPRD Bontang.

Sebelumnya, warga sudah mengajukan usulan normalisasi sungai dan pelebaran gorong-gorong di kawasan perumahan BTN Jalan Cipto Mangunkusumo. Salah satu titik yang menyebabkan banjir.  

Namun usulan itu urung diterima dan direalisasikan. Warga pun meminta DPRD Bontang secara khusus mengawal usulan itu.  

Anggota DPRD Bontang Faisal usai meninjau beberapa titik yang dianggap biang banjir, berjanji akan mengawal aspirasi tersebut agar lolos musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang).

“Saya akan kawal itu,” tegas anggota Komisi III DPRD Bontang ini.

Sementara itu, anggota legislatif lainnya Abdul Malik menerangkan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota (PUPRK), untuk mengatasi permasalahan saluran air yang tidak lancar di RT 39.

Dari hasil tinjauan, diketahui banjir diakibatkan pendangkalan sungai dan juga diameter gorong-gorong yang dianggap terlalu kecil, sehingga tidak dapat lagi menampung laju air dan meluap ke jalan hingga ke pelataran rumah warga. “Kami akan koordinasi dengan Dinas PU,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua RT 20 yang juga Ketua Forum RT Belimbing Fajar meminta agar aliran sungai itu dapat dinormalisasi dan diperlebar secepatnya. Begitu juga dengan gorong-gorong agar dapat lebih diperbesar, sehingga air tidak tertahan dan meluber ke jalan warga.

“Ya diperdalam aliran sungainya dan diperlebar, sedangkan gorong-gorong diganti yang besar,” ucapnya. (dik/adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.