Sepekan, 42 Hektare Karhutla Berhasil Ditangani

Salah satu upaya pemadaman karhutla di Bontang Lestari.

SELISIK.ID, Bontang – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) seluas 42 hektare lebih berhasil ditangani sepekan ini.

Data tersebut dihimpun dari Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Sangkima yang wilayah kerjanya meliputi Bontang, Kutai Timur (Kutim), sebagian wilayah Kutai Kertanegara (Kukar) hingga Kalimantan Utara (Kaltara).

Kepala Daops Sangkima Bambang Supriyadi menjelaskan, sebanyak 9 lokasi karhutla berhasil ditangani Manggala Agni baik itu bekerja sama dengan Brigadalkarhut TNK, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang, TNI, dan masyarakat. Dengan total karhutla yang berhasil dipadamkan 36,8 hektare.

Wilayah tersebut meliputi Bontang tepatnya di Bontang Lestari 16,5 hektar, di Jalan Hauling kawasan PT Thiess, Marangkayu 2, 5,08 hektare dan Kutim meliputi daerah Teluk Pandan dan Sangatta Selatan 20,8 hektare.

“Dari data kami (Manggala Agni Daops Sangkima, Red) ada juga karhutla yang dapat ditangani BPBD Kutim dengan luas 5,5 hektar mencakup wilayah Sangatta Utara dan Sangatta Selatan,” jelasnya, Kamis (19/9/2019).

Dikatakan Bambang, banyak lahan terbakar diduga karena ada unsur kesengajaan oknum yang ingin membuka lahan. Itu dapat dilihat dari lokasi yang terbakar bersebelahan langsung dengan perkebunan sawit. Padahal, terkait hal tersebut pihaknya sudah melakukan berbagai upaya, seperti melakukan patroli terpadu, patroli mandiri hingga sosialisasi.

“Karhutla pada bulan ini memang cukup tinggi. Karena bulan lalu hanya dilakukan dua kali saja pemadaman dengan total 7,5 hektar,e” bebernya.

Dia menambahkan, kendala pemadaman di lapangan adalah karena kencangnya angin yang membuat api cepat merambat ke mana-mana.
“Kemarau juga menjadi pemicu susahnya api dipadamkan di lapangan saat ini,” tutupnya. (ver)