Selambai Bakal Disulap Jadi Kampung Bebas Kumuh dan Tertata

SELISIK.ID, Bontang – Kabar baik datang dari wilayah Loktuan, khusunya Kampung Selambai. Melalui program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), permukiman padat penduduk di atas laut tersebut akan disulap menjadi kampung bebas kumuh dan tertata.

Wakil Ketua I DPRD Bontang Faisal yang ikut mendampingi kunjungan tim kementerian, Senin (1/4/2019), berharap Selambai menjadi daya tarik baru sebagai destinasi wisata di Kota Taman.

“Semoga usai Selambai bebas kumuh dan menjadi lebih tertata, banyak wisatawan yang mengunjungi. Dari sana, diharapkan efek domino positif bakal lahir. Seperti peningkatan ekonomi masyarakat sekitar,” harapnya.

Sementara itu, Tim Satuan Kerja IBM Dedi Jubaidi menjelaskan, dana yang akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur itu berasal dari dari pinjaman World Bank dengan skema multiyears.

Progres pembangunan bisa dimulai tahun ini jika finalisasi dokumen Detail Engineering Design (DED) oleh Pemkot Bontang bisa rampung.

“Estimasi kita, pembangunan memakan waktu 8-10 bulan,” terangnya.

Kepala Seksi Perumahan dan Kawasan Permukiman Bontang Rina Nurhayati menuturkan hal senada. Kata dia, selain dari pinjaman World Bank, penataan Selambai bakal menggunakan dana tambahan dari perencanaan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

Dana itu bakal dianggarkan untuk pembangunan jalan beton sepanjang 400 meter, pembangunan ruang terbuka, 3 titik tambatan kapal, landmark kawasan, serta 2 Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal. IPAL itu diperuntukkan untuk menampung limbah 250 kepala keluarga (KK).

Guna merealisasikan pembangunan ini, pemkot terus membangun komunikasi bersama pemerintah pusat di Kementerian PUPR untuk menyesuaikan design serta teknis dari pemkot.

“Bila seluruh desain serta persyaratan teknis disetujui pemerintah pusat. Proses lelangnya bisa segera dilaksanakan. Jadi, semoga semua tida ada kendala,” ujarnya. (*)

Reporter: Veri

Leave A Reply

Your email address will not be published.