Sejak Ramadan, Volume Sampah Meningkat

SELISIK.ID BONTANG – Tingginya aktivitas berbelanja di bulan suci Ramadan 1441 H mengakibatkan peningkatan sampah sekitar 20 ton per hari. Padahal sejak masa pandemi COVID-19 terjadi sampah mengalami penurunan.

Kepala UPT Tempat Pembuangan Akhir Yuniar mengatakan, sejak awal tahun ini sampah yang terbuang ke TPA yang berada di Jalan Soekarno Hatta Keluarahan Bontang Lestari Kecamatan Bontang Utara itu mencapai 82, 9 ton.

Kata dia, di bulan berikutnya mengalami penurunan sekitar 2 ton yakni hanya 80,3 ton per hari. “Sejak pandemi mulai 1 – 23 Maret lalu yakni hanya 76, 85 ton per hari sedangkan pada 23 – 31 Maret hanya 75, 84 ton per hari,” katanya, saat ditemui di ruangannya.

Dirinya menuturkan, penurunan signifikan terjadi pada awal April, terhitung 1-23 April hanya 69, 64 ton. Hal ini diperkirakan warga yang kebanyakan memilih di rumah saja akibat adanya wabah tersebut sehingga konsumtifnya juga berkurang.”Mungkin karena di rumah saja sampahnya berkurang,” tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan sejak memasuki bulan Ramadan , terjadi peningkatan  20 ton per hari, yakni 82,11 ton. Tetapi angka ini sama saja dibandingkan pada awal tahun. Kata dia, di Ramadan ini kebanyakan sampah kelapa. “Kelapanya tidak terlalu banyak. Cuma berat saja,” terangnya.

Yuniar menyebut petugas pengangkut tetap rutin melakukan pengangkutan sampah. Meskipun dalam masa pandemi ini. Kata dia, petugas dilengkapi peralatan yang sesuai protap kesehatan seperti menggunakan masker, memakai sepatu bot dan sarung tangan.”Tetap rutin mengambil sampah,” tutupnya. (*)

Reporter: Mawan

Leave A Reply

Your email address will not be published.