Perizinan Rampung, Pabrik CPO Bisa Tunjang PAD

DPRD Bontang saat meninjau PT EUP pada Maret lalu.

SELISIK.ID, Bontang – Peletakan batu pertama pembangunan pabrik Crude Palm Oil (CPO) akan segera dilakukan. Kepastian tersebut usai PT Energi Unggul Persada (PT EUP) yang menjadi kontraktor pemenang tender telah mengurus seluruh izin yang diperlukan.

Hal ini pun mendapat tanggapan dari Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang Rustam.
Rustam mengucapkan rasa syukur atas percepatan perizinan yang dilakukan PT EUP. Karena sebelumnya telah diketahui banyak pemberitaan di media massa bahwa perusahaan tersebut telah melakukan kegiatan seperti pengangkutan tanah timbunan namun belum memiliki izin.

“Pabrik CPO ini ini penting, karena yang membantu pemerintah jika tidak memiliki Dana Bagi Hasil (DBH, Red)) dari minyak dan gas nantinya, bisa dibantu dari pabrik sawit ini,” tuturnya, Selasa (19/11/2019)

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpau Satu Pintu (DPMPTSP) Bontang Puguh Hargianto mengatakan besaran pajak IMB dari pembangunan CPO sebesar Rp 1,5 miliar. Dana tersebut langsung ditransfer pihak PT EUP ke rekening kas negara.

“Hari ini rencananya ditransfer dan setelah itu akan dilakukan seremonial peletakan batu pertama yang direncanakan pada 28 November mendatang,” kata puguh. (adv/ver)