Perda Retribusi Perizinan Tertentu Bakal Direvisi

SELISIK.ID, Bontang– Peraturan Daerah (Perda) Retribusi Perizinan Tertentu bakal direvisi. Perubahan tersebut dibahas dalam rapat  yang digelar Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang, di ruang rapat Kantor DPRD, Bontang Lestari, Selasa (7/5/2019).

Hadir dalam rapat tersebut Tim Asistensi Raperda Pemkot Bontang yang terdiri dari Asisten Administrasi Pemerintahan , Asisten Administrasi Umum Pemkot Bontang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota (DPUPRK), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), serta Bagian Hukum Sekretariat Daerah Pemkot Bontang.

Ketua Komisi II DPRD Bontang Ubayya Bengawan menuturkan dalam permasalahan tersebut akan ditinjau langsung oleh Komisi III. Pasalnya, mereka lah yang membidangi hal tersebut. Sejatinya komisi II hanya meminta agar perda itu nantinya bisa berkontribusi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Perubahan itu nanti akan dilakukan teman-teman di Komisi III,” tuturnya.

Sementara, Kepala Sub Bidang (Kasubbid) Pembukuan dan Pengendalian Bapenda Bontang Defri Kurniawan  mengatakan, dasar perda itu diubah karena menyesuaikan dengan peraturan atau regulasi yang lebih tinggi, yaitu Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) nomor 5 tahun 2011 tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Perda dibuat sebagai dasar untuk menghitung pajak retribusi IMB yang ada di daerah.

“Ketika di permen (Peraturan  menetri, Red)  saja cara berhitung rumusannya sudah berbeda, tentu di perda juga akan berbeda. Maka dari itu, perda harus menyesuaikan,” jelasnya. (*)

Reporter: Veri

Leave A Reply

Your email address will not be published.