Pemkot Gelar Sosialisasi Perwali JIGD

SELISIK.ID, Bontang – Pemkot Bontang melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) menggelar sosialisasi Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 27 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Jaringan Informasi Geospasial Daerah (JIGD), di ruang rapat Kantor Bapelitbang, Bontang Lestari, Selasa (23/3/2019).

Hal tersebut dilaksanakan karena melihat keberadaan data dan informasi geospasial yang dimiliki pemerintah mencapai 90 persen.

Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh OPD di lingkup Pemkot Bontang.

Plt Kepala Bapelitbang Bontang Zulkifli menjelaskan, tujuan JIGD tersebut dibuatkan perwali adalah sebagai sarana berbagi pakai dan penyebarluasan data geospasial dan informasi geospasial antar pemerintah, perangkat daerah, dan masyarakat. Dengan harapan ke depan, semua orang nantinya bisa mengakses program tersebut.

“Penyajiannya nanti berbentuk peta yang di dalamnya berbagai informasi,” ungkapnya.

Pria yang juga Asisten Administrasi Pembagunan ini menambahkan, JIGD kini masih dalam geoportal daerah yang bisa diakses di petakita.bontangkota.go.id. Tahun ini rencananya akan bermigrasi ke geoportal palapa dan berharap dapat terintegrasi dengan geoportal nasional yang berada di BIG.

“ Harapan kami (Bapelitbang, Red) setiap OPD dapat memahami peran masing-masing karena ini bukan hanya kebutuhan kami,” tutupnya. (ver/adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.