Pemkot Diminta Segera Terbitkan Perwali

Kawal Raperda Tenaga Kerja Terbaru

SELISIK.ID, Bontang– Persoalan rekrutmen tenaga kerja menjadi perhatian serius DPRD Bontang mengingat ramainya investasi yang masuk ke Kota Taman.

Disetujuinya Raperda Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2009 menjawab aturan sebelumnya yang dianggap belum berpihak pada tenaga kerja lokal.

Sebelumnya, dewan melalui komisi I mengusulkan perubahan melalui rancangan peraturan daerah yang disusun dan diusulkan ke pemerintah kota.

Mengawal itu, Wakil Ketua Komisi I Bilher Hutahean mendesak pemerintah kota segera menerbitkan perwali mendukung pelaksanaan perubahan raperda tentang rekrutmen dan penempatan tenaga kerja tersebut.

Hal ini dilakukan untuk melindungi hak pekerja lokal sehingga tidak menjadi penonton di rumah sendiri.

“Perwali dibutuhkan untuk mengatur teknis pelaksanaan. Perda selesai, tapi tidak bisa berjalan akibat tidak ada perwalinya. Jangan sampai ini terjadi,” kata Bilher Hutahean.

Langkah ini mengantisipasi kontraktor yang lebih mengandalkan tenaga kerja dari luar Bontang tanpa mempertimbangkan pekerja lokal.

“Tolong bu wali segera siapkan Perwalinya supaya aturan ini bisa segera berlaku ketika Perda telah selesai,” katanya.

Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni merespons bahwa akan segera meminta bagian hukum sekretariat daerah untuk menyusun kajian Perwali tersebut. (vli)

Leave A Reply

Your email address will not be published.