Pelabuhan Peti Kemas Bakal Dibangun di Bontang Lestari

Bontang – Wali Kota Terpilih Basri Rase melakukan peninjauan ke wilayah Pagung dan Segendis Bontang Lestari, Rabu (21/4/2021). Untuk memastikan lokasi Pelabuhan peti kemas yang rencananya tak jadi dibangun diwujudkan di Loktuan.

Basri menilai, Bontang Lestari menjadi lokasi yang pas. Apalagi di sana merupakan kawasan industri, dan juga jauh dari permukiman penduduk.

“Kalau di Pelabuhan Loktuan banyak aktivitas, dekat juga dengan permukiman warga,” ungkapnya.

Dipilihnya Bontang Lestari juga selaras dengan kebutuhan kota. Bontang sebagai kota industri sepatutnya memiliki pelabuhan peti kemas yang representative. Adapun Bontang Lestari ditunjuk sebagai kawasan industri.

“Aktivitas industri dari skala kecil sampai besar akan difokuskan di pelabuhan peti kemas,” ujarnya.

Selain di Segendis dan Pagung, Bontang Lestari, opsi terakhir ialah di Loktuan. Tapi ini bukan untuk pelabuhan peti kemas dalam jangka panjang. Hanya jangka pendek. Sembari pemerintah menyiapkan pelabuan peti kemas representatif di Bontang Lestari. Peti kemas yang dimaksudkan Basri di sini ialah aktivitas bongkar muat di luar melayani penyeberangan penumpang. ”Kalau Loktuan itu jangka pendek. Mungkin 3-5 tahun saja,” katanya.

Tidak menutup kemungkinan ditambahkan Basri, Bontang bakal memiliki dua pelabuhan. Satu melayani angkutan penumpang, sementara satu lagi fokus pada aktivitas industri. “Jadi fokus. Tidak tercampur seperti sekarang ini,” ujarnya. (*)