PDAM Gratis 3 Bulan, Bakhtiar Wakkang: Jangan Malah Boros Air

SELISIK.ID, Bontang – Kebijakan Pemkot Bontang menggratiskan pembayaran air PDAM bagi pelanggan rumah tangga, mendapat apresiasi dan dukungan dari anggota Komisi I DPRD Bontang, Bakhtiar Wakkang.

“Program ini sangat bagus. Bisa meringankan beban masyarakat, yang mana kita ketahui saat ini dampak virus corona membuat sebagian pendapatan warga menurun,” ucapnya, Rabu (1/4/2020).

Meski begitu, politisi NasDem itu berpesan kepada masyarakat agar tidak boros air jika sudah digratiskan. Pun dengan PDAM Tirta Taman Bontang tentu harus mengalirkan air bersih yang bermanfaat dengan warga.

Beberapa waktu lalu, Pemkot Bontang telah melakukan koordinasi dengan pihak PDAM. Untuk teknisnya akan dibahas tersendiri oleh PDAM yang paham akan penyaluran terhadap pelanggan rumah tangga.

“Air bersih juga tetap dialirkan seperti biasanya, jangan sampai tidak lancar dan justru menghambat kebutuhan masyarakat Bontang,” jelasnya.

Selain menggratiskan pembayaran air selama tiga bulan, Pemkot dan DPRD Bontang juga bersepakat memperhatikan kondisi sosial dan ekonomi akibat wabah virus Covid-19.

Bagi Kepala Keluarga (KK) kurang mampu bakal diberikan bantuan dana tunai Rp 500 ribu.

Dimulai Mei hingga Juli 2020 bantuan tersebut akan disalurkan. Di dalamnya ada sembako dan jaringan gas. Berdasarkan basis data warga kurang mampu di Bontang, terdapat 8.510 KK.

Sementara, 4.708 KK sudah mendapatkan bantuan sembako dari pemerintah pusat setiap bulannya. Artinya masih terdapat 3.802 KK yang akan disasar mendapatkan bantuan itu. (dik/adv)