Ombudsman Tinjau Pelayanan DKP3 Bontang

SELISIK.ID, Bontang – Ombudsman Republik Indonesia (RI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) meninjau pelayanan publik Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Bontang, Selasa (30/7/2019).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka melakukan penilaian survei kepatuhan standar pelayanan terhadap Pemkot Bontang.

Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan, Ombudsman RI Provinsi Kaltim, Dwi Farisa Putra Wibowo menjelaskan, mereka mengunjungi DKP3 untuk melakukan survei kelengkapan produk pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Hal tersebut mengacu pula pada Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2009 tentang standar pelayanan publik.

“Dari penilaian tersebut ada 9 indikator yang harus dipenuhi DKP3,” terangnya.

Dwi mengaku, dari hasil survei, secara umum, komitmen Pemkot Bontang dalam standar layanan sudah terlihat. Pun demikian, itu belum final karena masih ada rangkaian penilaian selanjutnya.

“Dalam penilaian ini, standar layanan itu bukan hanya pada sistem, tetapi mudah atau tidak,” jelasnya.

Sementara, Kasi Perikanan Tangkap DKP3 Bontang Idhamsyah memaparkan, meski ada perubahan sedikit karena adanya UU 23 Tahun 2015 tentang kewenangan pusat, provinsi tentang pemerintah daerah.

Seperti izin laut 4 mil yang sebelumnya di pemerintah daerah sekarang beralih ke provinsi, pelayanan di DKP3 tetap berjalan dengan baik selama ini.

Meski ada beberapa yang belum terpenuhi, ia pun memastikan itu bukan hal yang berarti. Sebab DKP3 sudah memberikan pelayanan sesuai prosedur.

“Sebenarnya semua sudah berjalan sesuai prosedur, hanya tinggal sebagian sarana prasarana yang harus kami lengkapi,” bebernya.

Idhamsyah menambahkan, memang semua pelayanan tidak berada di kantor DKP3 di Bontang Lestari. Ada juga di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Tanjung Limau.

Namun di sana pun sudah berjalan dengan baik karena ada petugas yang melayani BBM nelayan dan bongkar muat selama 24 jam.

“Tetap kami upayakan bila ada yang masih kurang, tetapi kami pastikan semua sudah berjalan dengan baik,” tuturnya. (ver/adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.