Musrenbang Kota Bontang Tampung 400 Usulan

SELISIK.ID, Bontang– Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Bontang menggelar musrenbang tingkat kota, di ruang Auditorium Taman 3 Dimensi, Senin (25/3/2019).

Dalam musrenbang tersebut terdapat 400 usulan yang akan dibahas masuk dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020.

Sekretaris Bapelitbang Bontang Sudi Priyanto memaparkan, musrenbang tingkat kota dalam rangka penyusunan RKPD 2020 mengacu pada aturan perundang-undangan nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, UU 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah, Permendagri 86/2017, Perda Bontang nomor 5/2011 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Bontang tahun 2005-2025, serta Perda Bontang nomor 3/2016 tentang RPJMD Bontang tahun 2016-2021.

Sejatinya, musrenbang tingkat kota dilakukan untuk menyelaraskan, mengkalrifikasi, mempertajam, dan menyepakati prioritas pembangunan program kegiatan daerah yang sudah diusulkan tingkat kelurahan dan kecamatan.

Sudi menuturkan, adapun tema musrenbang RKPD Bontang 2020, yakni “Meningkatkan Produktivitas Sektor-sektor Ekonomi Maritim dalam Perekonomian Daerah”.

Tema tersebut masuk dalam 12 prioritas pembangunan Bontang 2020 yang meliputi peningkatan kualitas pendidikan, pelayanan kesehatan berkualitas, menurunkan pengangguran dan kemiskinan, peningkatan kualitas lingkungan permukiman, mewujudkan pemerintahan yang responsif, transparan, akuntabel, dan partisipatif, peningkatan kualitas lingkungan hidup, peningkatan penataan dan pengendalian pemanfaatan ruang, peningkatan akses dan kualitas pelayanan air bersih, peningkatan pertumbuhan ekonomi non migas, peningkatan daya saing ekonomi, peningkatan daya dukung infrastruktur dasar dan ekonomi daerah, serta penyelenggaraan pemilu kepala daerah.

“Semoga pelaksanaan musrenbang ini dapat menghasilkan kesepakatan yang bermanfaat bagi pembangunan Bontang 2020 mendatang,” harapnya.

Acara tersebut dihadiri Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase, Ketua DPRD Bontang dan anggotanya, Sekretaris Bappeda Provinsi Kaltim, unsur Forkopimda Bontang, seluruh perangkat daerah di lingkup Pemkot Bontang, institusi perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan dan profesi, lembaga swadaya masyarakat dan LPM, asosiasi serta unsur lembaga vertikal.(ver/adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.