Masih Persuasif, Pelanggar Prokes Hanya Diberi Teguran

Bontang – Saat ini Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bontang gencar menegakkan perwali mengenai protokol kesehatan.

Dalam patroli yang sudah berjalan beberapa hari ini, Sekretaris Satpol PP Sutrisno mengatakan, masih banyak menemukan pelanggar yang enggan mengunakan masker. Namun, pihaknya tak serta merta langsung memberikan sanksi kepada pelanggar.

Pelanggar tersebut baru diberikan surat peringatan pertama, jika ketiga kalinya masih tetap melanggar, maka sanksi denda pun langsung di berlakukan.

“Saat ini kegiatannya terus berjalan. Kami dari Satpol PP menggunakan pendekatan Humanis dengan mengingatkan, kalau diingatkan tidak mempan baru kami kenakan denda,” bebernya.

Menurut Sutrisno, penerapan sanksi denda ini memiliki konsekuensi yang luar biasa, ditambah lagi saat ini kondisi ekonomi masyarakat kian terpuruk akibat Covid-19.

“Seminggu ini kami sosialiasi terus menerus, dan kami tidak langsung ke arah denda. Karena konsekuensinya luar biasa itu. Dan harus ada melibatkan aparat hukum yang lain, kecuali dari catatan dia kedapatan tiga kali melanggar baru kami kasih denda,” pungkasnya. (adv/kominfo)