Maming Soroti Minimnya Dana Sosialisasi Peningkatakan SDA di Disdukcapil

Anggota Komisi I DPRD Bontang, Maming.


SELISIK.ID, Bontang – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang Maming menyoroti minimnya dana sosialisasi program dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bontang.

Hal tersebut diungkapkan dalam rapat pembahasan anggaran dengan Disdukcapil Bontang, di ruang rapat III Sekretariat DPRD Bontang Jalan Moeh Roem, Senin (21/10/2019)

Maming mengatakan anggaran sosialisasi ini dinilai sangat kecil, bahkan tidak ada sosialisasi melalui media. Padahal warga dapat mengakses informasi melalui media massa. Sehingga dianggap tidak maksimal dalam menyampaikan program-program unggulan kepada masyarakat.

Oleh sebab itu dia meminta agar anggaran tersebut dapat sebanding. “Sekarang kita semua melek media, jadi sangat bagus menyebarkan informasi melalui media yang ada di Bontang ini,” tuturnya.

Dia menambakan, program peningkatan SDM dinilai sangat perlu. Karena dengan SDM yang bagus Disdukcapil dapat melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kependudukan terhadap warga Bontang.

Apalagi peningkatan SDM ini sudah termasuk program pemerintah pusat dan program Pemkot Bontang. “Saya berharap sebanding lah (anggarannya), (antara) sosialisasi, peningkatan SDM, dan konsultasi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Bontang Yuliatinur mengakui, peningkatan SDM yang merupakan program pemerintah itu penting, begitu juga peran media yang sangat membantu pihaknya dalam menyebarkan informasi tentang program yang dijalankan.

Namun hal itu dipengaruhi oleh kecilnya anggaran yang didapat pihaknya, hanya Rp 2 miliar. “Itu akan menjadi catatan bagi kami, terima kasih,” ucapnya.

Nantinya, lanjut Yuliatinur, sosialisasi tersebut tidak dilakukan di 15 kelurahan, melainkan akan dilaksanakan pada 3 kecamatan saja. “Di setiap kecamatan tersebut akan dikumpulkan beberapa orang,” tambahnya. (adv/ver)

Leave A Reply

Your email address will not be published.