Loket SIM Mulai Dibuka, Prioritaskan yang Mendaftar Online

SELISIK.ID, Bontang – Akibat pandemi Covid-19 Polres Bontang telah menutup menutup pelayanan pembuatan SIM baru maupun perpanjangan. Kini, memasuki fase baru (the new normal) besok, Selasa (2/6/2020) akan membuka layanan dengan mengikuti protokol kesehatan.

Kapolres Bontang AKBP Boyke Karel Watimena melalui Kasat Lantas AKP Imam Syafi’i menyatakan, sesuai pemberitahuan se-Kaltim. Layanan pembuatan baru dan layanan SIM akan dibuka dengan ketentuan menerapkan protokol kebersihan. “Pelayanan dibuka. Namun, sesuai pedoman new normal itu,” katanya

Imam menuturkan, sudah menyediakan tempat untuk mencuci tangan. Kata dia, akan menambahkan pengecekan suhu tubuh serta pembatasan jumlah yang hendak mengurus SIM. Dirinya menyebut limitasi jumlah pengurus harus dilakukan agar tidak terjadinya penumpukan orang.

Angka pembatasan layanan tersebut maksimal 50 orang per harinya. Namun, itu juga melihat kondisi di tempat layanan. Jika kursi telah penuh. “Kami tutup sementara dulu apabila terjadi penumpukan panjang. ” jelasnya.

sebelum terjadinya pandemi Covid -19 pelayanan SIM mencapai 80 hingga 100 orang per harinya. Pengurangan jumlah layanan dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan virus berbahaya tersebut. Pria berpangkat balok tiga itu menyatakan bahwa Covid-19 belum berakhir. Sehingga penerapan pencegahan sesuai protokol dan pembatasan perlu dilakukan.

Dia juga menyarankan agar warga yang hendak melakukan pendaftaran pembuatan baru dapat registrasi di web yang telah disediakan. Kata dia, pihaknya akan melayani yang telah mendaftar online terlebih dulu. “Bisa daftar online dulu. Untuk menghindari tatap muka,” ucapnya

Terakhir dia menyampaikan memberikan dispensasi yang diberikan sebelumnya SIM-nya yang mati pada Maret, April dan MEi tidak perlu mengurus pembuatan baru. “Kalau mati saat itu. Ya tinggal perpanjang saja,” terangnya. (Reporter: Mawan)